Info

Lelah hingga Sulit Tidur, Simak 5 Kondisi yang Disebabkan Salah Makan

Salah makan bisa memicu berbagai masalah kesehatan tertentu.

Fita Nofiana

Ilustrasi makan. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi makan. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Himedik.com - Tubuh Anda bisa memperlihatkan saat Anda salah makan atau melakukan kesalahan dengan apa yang Anda konsumsi. Sebab bagaimanapun, kesalahan dalam makanan yang Anda konsumsi bisa berefek pada kesehatan.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa kondisi yang muncul jika Anda salah dalam mengonsumsi makanan, antara lain:

1. Kelelahan

Jika Anda kekurangan energi untuk sementara waktu, maka penyebabnya mungkin dari asupan yang Anda konsumsi. Kondisi ini terjadi saat Anda kekurangan nutrisi penting, lemak sehat, dan protein. 

Saat Anda kehilangan nutrisi penting ini, maka Anda bisa mengalami kelelahan, pusing, tekanan darah rendah, penurunan aliran darah ke otak, dan  merasa tidak seimbang sepanjang waktu.

2. Rambut rontok

Menurut ulasan 2013 yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, kekurangan protein, mineral, asam lemak esensial, dan vitamin dapat menyebabkan kerontokan rambut atau kelainan lainnya. 

3. Kelaparan terus-menerus

Rasa lapar yang terus-menerus dapat dikaitkan dengan beberapa faktor seperti kurang tidur, obat-obatan, masalah tiroid, kehamilan, dan lain sebagainya. Tetapi salah satu penyebab utamanya adalah tidak cukup makanan bergizi. 

Studi mengkonfirmasi bahwa nafsu makan dan mengidam makanan meningkat sebagai respons terhadap pembatasan kalori yang drastis karena perubahan kadar hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang.

Ilustrasi lapar, yang ternyata bikin orang mudah stres [shutterstock]
Ilustrasi lapar, yang ternyata bikin orang mudah stres [shutterstock]


4. Masalah tidur

Faktanya, kurang tidur dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, penambahan berat badan, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, tidak hanya makan berlebihan dan diet ketat, makan mendekati waktu tidur juga dapat mengganggu tidur Anda. 

Secara keseluruhan, kebiasaan makan Anda memiliki dampak besar pada siklus tidur Anda.

5. Sembelit

Makan terlalu sedikit kalori atau kurang makan dapat menyebabkan sembelit. Ini tidak mengherankan karena mengonsumsi makanan yang sangat sedikit akan menghasilkan lebih sedikit limbah di saluran pencernaan Anda. 

Cobalah makan makanan yang cukup dan sertakan makanan kaya serat karena serat membantu meredakan sembelit.

Berita Terkait

Berita Terkini