Info

Jangan Makan Buah setelah Matahari Terbenam, Ini Lho Efeknya!

Banyak orang belum paham waktu terbaik untuk makan buah, padahal ini berdampak pada tingkat penyerapan nutrisinya.

Shevinna Putti Anggraeni

buah-buahan (Pexels/Asad Nazir)
buah-buahan (Pexels/Asad Nazir)

Himedik.com - Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral terbanyak yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi setiap harinya.

Makan buah juga bisa membantu penurunan berat badan, meningkatkan kinerja organ tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa ada waktu ideal untuk mengonsumsi buah agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal.

Anda harus mengonsumsi buah sebelum matahari terbenam, supaya mampu menyerap nutrisi dan manfaat dari buah lebih maksimal.

Pelatih gaya hidup dan kebugaran, Luke Coutinho memberi tahu efek positif dari mengonsumsi buah-buahan sebelum matahari terbenam atau sebelum jam 4 sore.

Luke mengatakan makan buah di malam hari bisa mengganggu jadwal tidur dan mengganggu proses pencernaan seseorang. Karena, kebanyakan buah juga karbohidrat sederhana yang bisa dipecah.

Buah adalah sumber energi instan yang hebat dan bisa meningkatkan kadar gula darah pada waktu bersamaan. Makan buah mendekati waktu tidur bisa mengganggu tidur Anda, karena kenaikan gula darah.

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)

Selain itu dilansir dari Times of India, sistem metabolisme tubuh kita juga cenderung melambat dan sulit mencerna karbohidrat setelah matahari terbenam. Jadi, lebih baik membatasi asupan karbohidrat Anda.

Menurut Luke, waktu terbaik makan buah adalah pagi hari saat perut kosong. Konsumsi makanan sehat di pagi hari bisa membantu menyerap nurisi lebih efisien dan memulai metabolisme.

Bila Anda senang mengonsumsi buah bersamaan dengan makanan lainnya, baik makanan ringan maupun berat.

Maka, Anda harus menunggu setidaknya 3,5 hingga 4 jam setelah makan untuk mengonsumsi buah.

Perlu dipahami pula bahwa karbohidrat sederhana paling baik dikonsumsi di pagi hari dan sebelum serta sesudah latihan.

Lemak, protein, dan karbohidrat kompleks rendah paling baik dikonsumsi setelah matahari terbenam.

Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi buah-buahan dalam kondisi utuh tanpa ditambah minuman atau makanan lainnya, terutama susu dan sayuran.

Karena, makan buah dengan susu dan sayuran bisa menyebabkan pembentukan racun dalam tubuh.

Hal itu terjadi karena pencernaan buah yang tidak tepat dan penyerapan nutrisi yang rendah. Sehingga, racun dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini