Info

Tak Cuma Menghibur, Simak 5 Potensi Masalah Mental Akibat Media Sosial

Berikut beberapa masalah yang mungkin terjadi saat Anda kebanyakan mantengin media sosial.

Fita Nofiana

Batasi Gunakan Media Sosial 30 Menit Sehari Biar Tetap Waras. (unsplash)
Batasi Gunakan Media Sosial 30 Menit Sehari Biar Tetap Waras. (unsplash)

Himedik.com - Awalnya, penggunaan media sosial memang menjadi sebuah hiburan. Namun di sisi lain, media sosial juga menimbulkan efek buruk kesehatan mental

Melansir dari Independent, berikut adalah lima cara media sosial dapat memengaruhi kesehatan mental, antara lain:

1. Insecure

Kita semua memiliki rasa insecure yang wajar. Namun, membandingkan diri Anda dengan orang lain di media sosial dengan stalking foto Instagram mereka yang estetis sempurna bisa berefek pada mental Anda. 

"Ketika kita memperoleh rasa berharga berdasarkan standar orang lain, kita menempatkan kebahagiaan kita dalam variabel yang sepenuhnya di luar kendali kita," Dr Tim Bono, penulis When Likes Aren't Enough menjelaskan di Healthista.

Ilustrasi scroll media sosial (pexels.com/mikoto.raw Photographer)
Ilustrasi scroll media sosial (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

2. Koneksi manusia berkurang

Sebagai manusia, sangat penting bagi kita untuk dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan pribadi satu sama lain.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology yang menilai 5.208 subjek menemukan bahwa secara keseluruhan, penggunaan Facebook secara teratur berdampak negatif pada kesejahteraan individu.

3. Masalah Tidur

Tidur yang cukup adalah hal yang sangat penting. Namun, banyak dari kita menggunakan ponsel menggulir media sosial sampai kesulitan tidur. 

"Kecemasan atau kecemburuan dari apa yang kita lihat di media sosial membuat otak tetap waspada, mencegah kita tertidur," jelas Dr Bono.

Selain itu, cahaya dari perangkat seluler kita yang hanya beberapa inci dari wajah kita dapat menekan pelepasan melatonin, hormon yang membantu kita merasa lelah.

Ilustrasi media sosial (unsplash/@nate_dumlao)
Ilustrasi media sosial (unsplash/@nate_dumlao)

4. Masalah perhatian

Bukan hanya otak bawah sadar Anda yang perlu Anda khawatirkan, tetapi juga sejauh mana otak Anda mampu berkonsentrasi penuh saat Anda terjaga.

"Media sosial telah menyediakan sarana untuk terus memberikan godaan hiburan instan yang mudah diakses," kata Dr Bono.

Jika tidak dapat tidak memeriksa ponsel Anda setidaknya selama beberapa menit,  Anda sebaiknya berlatih melatih tekad Anda sesekali.

5. Masalah kesehatan mental

Media sosial tidak hanya terbukti menyebabkan ketidakbahagiaan, tetapi juga dapat menyebabkan berkembangnya masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi jika digunakan terlalu banyak atau tanpa hati-hati.

Pada bulan Maret 2018, dilaporkan bahwa lebih dari sepertiga Generasi Z dari survei terhadap 1.000 orang menyatakan bahwa mereka berhenti dari media sosial untuk selamanya, sebanyak 41 persen menyatakan bahwa platform media sosial membuat mereka merasa cemas, sedih, atau tertekan.

Berita Terkait

Berita Terkini