Info

Cara Tepat Makan Buah, Lebih Baik Dimakan Langsung

Berikut empat tips makan buah yang tepat.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay/silviarita)
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay/silviarita)

Himedik.com - Memiliki kebiasaan makan buah tentu sebuh gaya hidup yang sehat. Tapi kadang tanpa disadari kita melakukan kesalahan tertentu yang dapat mencegah seseorang mendapatkan manfaat maksimal dari makan buah.

Lantas, bagaimana cara yang benar untuk makan buah? Dilansir dari Healthshots, berikut, empat tips makan buah yang tepat.

1. Jangan cuma makan satu jenis buah

Pahami bahwa tidak ada satu buah pun yang menyediakan semua nutrisi. Mengonsumsi dua hingga tiga jenis buah yang berbeda adalah langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Namun jangan terlalu banyak makan buah dalam sehari, karena beberapa buah memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga menyebabkan kadar kalori dan gula darah dalam tubuh meningkat.

Ilustrasi diet, makan buah. (Shutterstock)
Ilustrasi diet, makan buah. (Shutterstock)

2. Pilih mengunyah, jangan dijus

Jus buah atau smoothie memang enak dan menyegarkan, tetapi mereka bisa menghilangkan kandungan serat dan tidak meninggalkan apa pun selain sirup gula yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Karena itu, disarankan untuk menghindari jus dan lebih baik makan buah secara keseluruhan.

3. Jangan buang kulitnya

Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan mengupas kulit buah sebelum memakannya. Padahal kulit sering kali merupakan bagian terbaik dari vitamin dan antioksidan.

Misalnya, kulit apel memiliki antioksidan lima kali lebih banyak daripada bagian lainnya. Jadi, makanlah buah-buahan dengan kulit bahkan bijinya (jika bisa dimakan), karena kaya sumber serat dan fitokimia.

4. Padukan sumber protein dengan buah-buahan

Beberapa buah mengandung gula, yang pada gilirannya membuat glukosa darah Anda naik. Jadi, jika Anda khawatir dengan kandungan gula buah, makanlah buah dengan protein/lemak untuk menurunkan indeks glikemik (GI) dan menahan lonjakan gula. Misalnya, makan segenggam kacang dengan apel atau taburkan biji chia/flax maupun yogurt.

Berita Terkait

Berita Terkini