Info

Tidak Pernah Olahraga? Awas 5 Bahaya Ini Mengintai!

Pernah tidak sih penasaran, apa yang akan terjadi pada tubuh kalau tidak olahraga?

Yasinta Rahmawati

ilustrasi bermalas-malasan di tempat tidur.
ilustrasi bermalas-malasan di tempat tidur.

Himedik.com - Olahraga teratur sangat baik untuk kesehatan. Namun bagaimana jadinya jika tidak pernah olahraga? Apakah yang akan terjadi pada tubuh?

Seperti diketahui, gaya hidup minum alkohol, merokok, makan-makanan junk food bisa merusak kesehatan, tapi tidak menggerakan otot tubuh juga memiliki efek serupa.

Berikut ini yang terjadi pada tubuh saat tidak berolahraga mengutip Times of India, Senin (25/10/2021).

1. Hati atau liver tidak bekerja maksimal

Ilustrasi hati manusia. [Shutterstock]
Ilustrasi hati manusia. [Shutterstock]

Olahraga seperti aerobik dan kardio jika dilakukan secara teratur bisa meningkatkan detak jantung, yang bisa menurunkan risiko sakit jantung.

Tapi jika tidak berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, yang terjadi fungsi jantung akan memburuk dan berdampak pada aktivitas sehari-hari, risiko sesak napas karena kadar kolesterol yang tinggi.

2. Otot melemah

Olahraga berperan melatih kekuatan otot, maka ketika tidak berolahraga akan membuat otot semakin melemah, bahkan meski Anda berhasil mencapai kekuatan otot yang maksimal, perlahan kekuatan itu akan memudar.

Hasilnya tubuh terasa lemah dalam beraktivitas sehari-hari, seperti tidak mampu mengangkat beban sederhana dan kegiatan lainnya.

3. Sulit tidur nyenyak

Percaya atau tidak, olahraga berkaitan erat dengan kualitas tidur yang baik. Ini karena biasanya Anda akan merasa lelah karena tubuh bergerak, dan membuat tidur lebih nyenyak lalu bangun dengan perasaan segar.

Lalu ketika tidak berolahraga tubuh akan mengalami kurang tidur, karena otot yang menegang dan tidak rileks maupun kaku, yang hasilnya sulit untuk tidur, sehingga bangun di pagi hari malah merasa lelah.

4. Daya tahan tubuh melemah

Olahraga akan meningkatkan stamina tubuh, sehingga tubuh lebih mampu melawan penyakit yang datang. Namun saat tidak berolahraga, maka berisiko kehilangan manfaat ini, dan tubuh mudah sakit.

5. Gangguan gula dalam darah

Diabetes tipe 2 adalah risiko terbesar saat tubuh tidak berolahraga, ini karena gula dalam dalam tidak bisa diolah menjadi energi. Hasilnya metabolisme tubuh melambat, karena merasa tidak butuh banyak energi dan gula darah menumpuk dalam darah.

Hasilnya, karena terus menerus menumpuk maka ancaman peradangan akan membuat pemilik tubuh mengalami obesitas.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini