Info

Menurut Dokter Zaidul Akbar, Ini Lho Cara Cheating Diet yang Baik

Cheating day atau hari bebas diet merupakan hari di mana pelaku diet bisa menyantap makanan kesukaan.

Yasinta Rahmawati

<p>Ilustrasi ngemil es krim - <a href=(Pixabay/StockSnap)

">

Ilustrasi ngemil es krim - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Agar seseorang tetap merasa bahagia saat menjalani diet, cheating day kerap disarankan oleh para pakar kesehatan. Cheating day atau hari bebas diet merupakan hari di mana pelaku diet bisa menyantap makanan kesukaan.

Menurut Dokter Zaidul Akbar, melakukan cheating day tidak akan membahayakan selama sebelumnya sudah menjaga pola makan yang baik.

"Cheating sesekali silahkan. Apakah itu menganggu? Enggak karena balancing yang dibuat itu lebih banyak yang bermanfaat bagi tubuh kita," ujarnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip suara.com, Kamis (4/11/2021).

Dokter pencetus jurus sehat rasulullah (JSR) itu mengingatkan, agar tidak kebabalasan melakukan cheating day, karena alih-alih bermanfaat, malah akan merusak pola hidup sehat yang sudah dilakoni cukup lama.

"Cheating itu boleh, tapi jangan terlalu jorok banget makanannya, nggak bersih, sangat tinggi karbohidrat dan penyedapnya, saran saya jangan," tuturnya.

Bahkan, cheating juga kerap dilakukan dr. Zaidul salah satunya dengan mengonsumsi mi instan. Tapi ia tidak mengonsumsi mi instan yang terbuat dari tepung, tapi mi instan yang terbuat dari sayur dan buah dengan rasa yang tidak kalah enak.

"Ada mi yang memang tidak terbuat dari tepung, mi terbuat dari wortel dan sayur, jadi wortel tetap dapet rasanya, sekaligus menyenangkan dan tidak buat badan amburadul," imbuhnya.

Ia juga mengingatkan, untuk waspada melakukan cheating day, karena ada beberapa orang yang sudah sangat menjaga pola makannya, langsung mengalami diare bahkan hingga masuk rumah sakit karena cheating day yang tidak terkontrol.

Sementara itu, mengutip Hello Sehat berikut ini tata cara melakukan cheating day yang baik dan benar:

1. Makan perlahan
Makanlah makanan yang disukai secara perlahan dengan mengunyah secara perlahan-lahan, sehingga tubuh bisa lebih menikmati rasa pada makanan tersebut. Apalagi makan perlahan bisa membantu perut cepat kenyang.

2. Perhatikan porsi
Konsumsilah makanan tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar.

3. Rileks dan nikmati hari
Anggaplah cheating day sama seperti hari libur yang sesungguhnya. Maka dari itu, jalani dengan rileks dan tidak perlu terlalu menggebu-gebu untuk mengonsumsi makanan yang akan disantap.

Agar tidak kalap, rencanakan dari jauh hari pilihan makanan saat cheating.

Ingin tahu penjelasan lengkap Dokter Zaidul Akbar  tentang cheating diet yang benar? Tonton videonya dengan klik di sini.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini