Info

Psikolog Sebut Seseorang Perlu 3 Jenis Teman Ini, Siapa Saja?

Tiga jenis teman ini bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi teman curhat.
Ilustrasi teman curhat.

Himedik.com - Berapa jumlah teman bukan menjadi tolak ukur kebahagiaan seseorang. Namun menurut seorang psikolog dan pakar hubungan, ada tiga jenis teman yang harus dimiliki setiap orang.

Dalam video TikTok, psikolog Wendy Walsh mengatakan bahwa setiap orang membutuhkan teman sejarah, teman dengan minat yang sama, dan teman akrab.

Dilansir dari Insider, menurut Walsh mengelilingi diri dengan orang-orang dari ketiga jenis teman tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Sebab, setiap tipe orang dapat memberikan kebutuhan emosional atau relasional yang berbeda.

Untuk penjelasan lebih detail, teman sejarah adalah mereka yang sudah lama Anda kenal, biasanya sejak kecil. Walsh mengatakan jenis teman seperti ini mengingatkan kita untuk menjadi otentik karena ketika kita menghabiskan waktu bersama mereka,

"Kita dibawa kembali ke masa kecil kita," ujar Walsh.

Selanjutnya dia mengatakan setiap orang juga harus memiliki "teman dengan minat yang sama," atau orang yang Anda bisa menghabiskan waktu bersama karena minat yang sama.

"Kita mungkin memiliki batasan dengan beberapa teman ini, tetapi apa pun kesenangan yang kami lakukan, kita ingin membaginya dengan seseorang," kata Walsh.

Terakhir ada teman akrab, atau orang yang dapat Anda andalkan saat membutuhkan dukungan ekstra. Jenis teman ini adalah penting.

"Itu orang yang bisa Anda hubungi dari ruang gawat darurat rumah sakit atau orang yang akan membawa Anda ke bandara," kata Walsh.

Dia menyarankan setiap orang memiliki satu atau dua teman dekat dalam hidup mereka.

Penelitian menunjukkan orang-orang dengan persahabatan yang kuat lebih mungkin untuk hidup lebih lama dan percaya diri. Di sisi lain, lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi depresi, lapor Insider.

Berita Terkait

Berita Terkini