Info

Biar Tubuh Tidak Kaku, Yuk Lakukan Peregangan di Waktu Berikut

Kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan peregangan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi peregangan. (unsplash)
Ilustrasi peregangan. (unsplash)

Himedik.com - Supaya tubuh terjaga fleksibilitasnya dan tidak kaku, rutin melakukan peregangan bisa membantu. Namun, seberapa sering harus melakukan peregangan dan kapan waktu terbaik untuk melakukannya?

"Sebuah peregangan sederhananya adalah tindakan memperpanjang atau meregangkan tubuh Anda untuk meringankan ketegangan pada otot, tendon, sendi, dan ligamen, kata Austin Martinez, MS, CSCS, ATC , spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat dan direktur pendidikan di StretchLab.

"Saya merekomendasikan orang melakukan peregangan setiap hari," katanya kepada Bustle. "Tidak perlu sesi yang sangat panjang, bahkan 10 menit dapat membuat perbedaan besar untuk mood Anda," jelasnya.

Tubuh Anda mungkin akan sedikit tidak nyaman setelah pertama kali memulai peregangan. Tetapi ini wajar, terutama jika Anda tidak terbiasa melakukan peregangan.

Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)
Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)

Maka dari itu para ahli merekomendasikan untuk melakukan peregangan secara teratur karena Anda akan mulai merasakan efeknya jika berhenti melakukannya.

Bergantung pada jadwal, rutinitas, dan tujuan latihan, waktu peregangan akan berbeda dari orang ke orang. Namun, para ahli menunjukkan waktu tertentu yang dapat menuai dampak paling positif.

"Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan peregangan karena keduanya menandakan waktu ketika tubuh Anda bangkit untuk hari itu dan bersantai dari hari itu," jelas Andrea Fornarola. guru kebugaran dari Manhattan, New York.

"Pagi adalah waktu yang optimal melakukan peregangan untuk mengurangi kekakuan pada persendian dan membangunkan tubuh agar bergerak lebih fungsional sepanjang hari," jelasnya, mengutip Byrdie.

Peregangan juga berperan sebelum dan sesudah berolahraga, baik untuk menghangatkan tubuh, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan kelenturan.

Regangkan tubuh Anda saat otot Anda sudah hangat, baik setelah pemanasan atau di akhir latihan Anda sebagai bagian dari rutinitas pendinginan.

Berita Terkait

Berita Terkini