Info

Quinoa vs Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Quinoa dan nasi mungkin memiliki banyak kesamaan, tetapi yang paling membedakan keduanya adalah kandungan serat dan protein.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi quinoa. (Pexels/Valeriya Kobzar)
Ilustrasi quinoa. (Pexels/Valeriya Kobzar)

Himedik.com - Kini makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pola makan sehat. Maka, semakin banyak pula variasi produk makanan yang diklaim menyehatkan. Salah satunya adalah quinoa yang kerap dijadikan sebagai pengganti nasi.

Mengutip dari Healthline, quinoa adalah benih tanaman yang dikenal secara ilmiah sebagai Chenopodium quinoa. Quinoa disebut lebih tinggi nutrisi daripada kebanyakan biji-bijian dan sering dipasarkan sebagai "makanan super".

Quinoa memiliki tekstur renyah dan rasa kacang. Ini juga bebas gluten dan karenanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang sensitif terhadap gluten atau gandum.

Lalu lebih sehat mana antara quinoa dan nasi? 

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, quinoa dan nasi mungkin memiliki banyak kesamaan, tetapi yang paling membedakan keduanya adalah kandungan serat dan protein.

Melansir dari The Healthy, secangkir quinoa mengandung dua kali protein nasi putih, begitupun jika dibandingkan beras merah. Meskipun kandungan protein beras merah lebih tinggi daripada nasi putih, tidak bisa mengalahkan quinoa.

Kualitas protein dalam quinoa juga ideal. Sebagai protein lengkap, mengandung asam amino esensial yang kita butuhkan dari makanan, sedangkan nasi merah dan nasi putih tidak.

Kata Sandra J. Arévalo, RDN, juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, quinoa juga menang dalam hal serat.

Ia memiliki sekitar 5 gram lebih banyak serat daripada nasi putih dan hampir 2 gram lebih banyak dari beras merah.

"Semakin banyak serat yang Anda makan, semakin baik," kata Arévalo.

Ia mengatakan serat akan membantu mengatur pergerakan usus, menurunkan kolesterol Anda, dan mencegah beberapa jenis kanker.

Di sisi lain, indeks glikemik rendah quinoa berarti dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Sehingga, quinoa adalah pilihan tepat bagi penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan kadar glukosa seperti nasi putih.

Berita Terkait

Berita Terkini