Info

4 Tanda Perlu Istirahat dari Media Sosial, Apa Saja?

Anda harus mempertimbangkan untuk beristirahat jika Anda mengalami perasaan lebih buruk tentang diri sendiri setelah mengakses media sosial.

Yasinta Rahmawati

Kecanduan media sosial. (pixabay)
Kecanduan media sosial. (pixabay)

Himedik.com - Menggulir atau scrolling media sosial bisa menjadi stimulus yang membuat ketagihan. Tapi perlu diketahui, media sosial bisa memberi hal positif maupun negatif.

Sebab media sosial sering dikaitkan dengan cyberbullying, perbandingan sosial, dan fenomena lain yang dapat merusak kesehatan mental.

Dilansir dari Insider, ada beberapa tanda utama yang mungkin mengindikasikan sudah waktunya Anda istirahat dari media sosial sejenak, antara lain:

1. Media sosial terasa tidak menyenangkan lagi

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, media sosial dimaksudkan menjadi medium yang menyenangkan untuk terhubung dengan keluarga dan teman. Jika Anda menemukan bahwa itu bukan lagi sumber kegembiraan dan koneksi dalam hidup Anda, itu mungkin pertanda untuk istirahat.

2. Anda mulai membandingkan diri dengan orang lain di media sosial

Anda harus mempertimbangkan untuk beristirahat jika Anda mengalami perasaan lebih buruk tentang diri sendiri setelah mengakses media sosial. Sebab itu akan membuat Anda rendah diri dan bisa mengganggu kesehatan mental.

3. Scrolling tanpa henti

Saat Anda tanpa berpikir dan terus-menerus menggulir timeline situs media sosial sampai lupa waktu, adalah hal yang bijak untuk istirahat dari media sosial.

4. Media sosial mengganggu waktu tidur

Melihat ponsel Anda sebelum tidur dapat mengganggu tidur karena itu membuat pikiran tetap aktif dan terjaga. Cahaya biru dari ponsel Anda menekan melatonin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan tidur.

Karena cahaya biru adalah warna buatan yang meniru siang hari, tubuh Anda akan mengira ini siang hari dan membuat Anda tetap berenergi, sehingga menahan keinginan untuk tidur.

Itulah beberapa tanda di mana Anda sudah perlu istirahat dari media sosial. Baik dalam hitungan jam, hari, atau minggu, istirahat dari media sosial dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan Anda. 

Berita Terkait

Berita Terkini