Info

Aktivitas Kecil dapat Mengurangi Risiko Demensia, Begini Penjelasannya

Orang yang melakukan aktivitas fisik apa pun memiliki risiko demensia 35 persen lebih rendah

Rosiana Chozanah

Menyapu. (Shutterstock)
Menyapu. (Shutterstock)

Himedik.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsisten melakukan kebiasaan sehat, seperti membersihkan rumah, dapat menurunkan risiko demensia hingga sepertiga dari 100 persen.

Dalam penelitian ini, orang yang melakukan aktivitas fisik apa pun, seperti menaiki tangga, berjalan, dan berpartisipasi dalam olahraga berat, memiliki risiko demensia 35 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak.

Sementara aktivitas fisik lain yang melibatkan fisik dan mental terbukti mengurangi risiko demensia hingga 21 persen.

Hasil tersebut didapat setelah peneliti melacak kebiasaan sosial dan fisik 500.000 orang selama 11 tahun untuk mencari tahu kegiatan apa yang mengurangi kemungkinan seseorang mengembangkan demensia.

Jadi, peneliti menemukan bahwa semua peseryta mendapat manfaat dari aktivitas fisik dan mental, terlepas dari apakah mereka memiliki riwayat keluarga demensia atau tidak.

Membersihkan Rumah Setelah Renovasi. (Shutterstock)
Membersihkan Rumah Setelah Renovasi. (Shutterstock)

"Studi kami telah menemukan bahwa dengan terlibat lebih sering dalam aktivitas fisik dan mental yang sehat, orang dapat mengurangi risiko demensia," kata penulis studi Huan Song dari Universitas Sichuan di Chengdu, Cina.

Peneliti mengatakan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan ini.

"Namun, hasil kami mendorong bahwa membuat perubahan gaya hidup sederhana ini mungkin bermanfaat," sambungnya, dilansir The Sun.

Demensia merupakan istilah umum untuk menggambarkan penurunan kemampuan mental seseorang menjadi parah hingga mengganggu rutinitas sehari-hari.

Beberapa gejala diri demensia termasuk kelambanan berpikir, kesulitan dengan pencernaan, masalah dengan bahasa, masalah dengan perhatian dan konsentrasi, perubahan suasana hati maupun perilaku.

Berita Terkait

Berita Terkini