Info

Tips Diet Ini Justru Efektif dan Bikin Cepat Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Ada banyak trik diet di internet, namun tidak semuanya benar-benar efektif.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)

Himedik.com - Banyak orang mencari cara untuk menurunkan berat badan, seperti makan lebih seidkit, dan menjaga pola makan agar menjadi lebih sehat serta seimbang.

Ada banyak trik diet di internet, namun tidak semuanya benar-benar efektif, seperti keharusan menghindari makanan karbohidrat.

Dilansir Live Science, berikut trik tentang diet yang sebenarnya akan efektif:

1. Waktu makan

Tidak hanya apa yang dimakan, tetapi kapan waktunya makan, bisa berdampak pada berat badan.

Beberapa ahli menunjukkan bahwa ritme sirkadian (jam internal dalam tubuh) memiliki pengaruh besar pada makanan dan pencernaan.

Ilustrasi diet (freepik.com)
Ilustrasi diet (freepik.com)

Pada 2016, peneliti menemukan bahwa ketika penderita obesitas mengurangi waktu makan mereka, dari 14 jam lebih menjadi antara 10 hingga 11 jam, berat badan mereka menurun. Mereka juga memiliki tambahan energi serta kualitas tidur.

Menjaga pola makan di waktu yang sama setiap hari telah dikaitkan dengan penurunan berat badan.

2. Kurangi gula

Mengurangi gula yang tidak perlu bisa menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Ini juga terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2.

"Saya sangat menyarankan untuk mengurangi asupan gula sederhana, yaitu jenis gula yang ditemukan dalam soda, es krim sereal manis, minuman olahraga, dan permen," kata ahli gizi Herbalife Nutrition, Richard Allison.

3. Makan banyak serat

Meningkatkan asupan serat, hanya dengan empat gram sehari, dapat membantu menurunkan banyak berat badan.

"Serat membantu mengatur pengguaan gula oleh tubuh, membantu menekan rasa lapar dan gula darah tetap terkendali," kata Allison.

Serat menunda pengosongan lambung, yang membantu kita merasa kenyang lebih lama.

4. Tidur yang nyenyak

“Nutrisi dan tidur sangat erat kaitannya. KIta tahu bahwa orang yang memiliki asupan gizi yang buruk, kurang makan, atau tidak cukup energi, cenderung kurang tidur," kata Allison.

Sebuah studi oleh Sleep Foundation menyatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan berkurangnya perasaan kenyang.

"Ini juga dapat menyebabkan pilihan makanan yang tidak sehat, dengan individu yang kurang tidur mencari makanan yang lebih tinggi kalori dan karbohidrat," tandas Allison.

Berita Terkait

Berita Terkini