Info

Jangan Larang Anak Berjalan Tanpa Alas Kaki, Ini Lho 5 Efeknya Pada Tubuh!

Kebiasaan berjalan tanpa alas kaki bisa memberikan banyak manfaat tak terduga secara fisik dan mental.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi anak-anak tanpa alas kaki. (shutterstock)
Ilustrasi anak-anak tanpa alas kaki. (shutterstock)

Himedik.com - Kebanyakan orangtua mungkin suka melarang anak berjalan tanpa alas kaki karena berbagai alasan. Padahal, membiasakan mereka berjalan tanpa alas kaki baik untuk proses pertumbuhan anak.

Bahkan, kebiasaan berjalan tanpa alas kaki juga memberikan manfaat yang serupa untuk orang dewasa, mulai dari mengatasi stres hingga mencegah penuaan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki secara fisik maupun mental.

1. Mengatasi insomnia

Berjalan tanpa alas kaki bisa meningkatkan kualitas tidur dan tingkat energi Anda. Ini karenaa bumi kita memiliki banyak elektron yang mengisi ulang tanah dan air.

Jika kita tidak terhubung secara fisik ke bumi,  fungsi penting kita menjadi tidak seimbang yang menyebabkan peradangan dan penyakit. Saat merasakan sakit, ini biasanya mengganggu tidur Anda.

Ilustrasi insomnia. (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi insomnia. (Pexels/cottonbro)

2. Mengatasi kram menstruasi

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengatasi semua jenis rasa sakit. Tidak heran jika berjalan tanpa alas kaki juga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

Berpergian keluar tanpa alas kaki dapat memberikan keajaiban bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Apalagi, terapi berjalan tanpa alasa kaki ini tidak menimbulkan efek samping.

3. Membantu anak tumbuh dengan mental yang kuat

Membiarkan anak-anak berjalan tanpa alas kaki bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan alergi, dan mengontrol tingkat stres.

Cara ini bisa membantu anak-anak Anda menjadi kuat secara mental. Menghabiskan waktu bertelanjang kaki di rumput atau beton selama 10 menit hingga 1 jam sangat ideal untuk mendapatkan manfaat ini.

Menapakkan kaki di pasir basah dan air di pantai mungkin merupakan cara terbaik untuk mengirimkan energi dari bumi.

4. Memperlambat penuaan

Kebiasaan berjalan tanpa alas kaki bisa membantu meningkatkan aliran darah ke kapiler. Bahkan, 1 jam berjalan tanpa alas kaki bisa meningkatkan perbaikan jaringan kulit dan penampilan wajah agar lebih awet muda.

5. Mengatasi stres lebih baik

Berisi di atas tanah tanpa alas kaki mengirimkan energi dan frekuensi ke tubuh kita, sama seperti vitamin D di dalam tubuh yang dihasilkan oleh energi dan frekuensi yang dihasilkan dari matahari.

Berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan suasana hati, membuat tubuh lebih energik dan menoleransi situasi stres dengan lebih baik. Membumi dapat mengurangi kelelahan dan kelelahan sehingga Anda cenderung tenang dalam situasi sulit.

Berita Terkait

Berita Terkini