Info

7 Manfaat Makan Kacang Kapri, Si Hijau Mungil Kaya Nutrisi

Berikut manfaat kacang kapri yang bisa diperoleh dengan konsumsi secara rutin.

Yasinta Rahmawati

Kacang Kapri. (Pixabay)
Kacang Kapri. (Pixabay)

Himedik.com - Memiliki nama latin Pisum Sativum L, kacang kapri merupakan salah satu jenis kacang yang mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional. Bentuknya mirip dengan petai dan memiliki rasa yang gurih, membuatnya cukup mudah dikenali ketika Anda melihatnya. Ternyata, di balik bentuk yang mungil ini, ada sederet manfaat kacang kapri yang baik untuk kesehatan lho!

Untuk mengulik lebih dalam terkait manfaat kacang kapri sendiri, mari simak penjelasan singkatnya di bawah ini, dirangkum dari Healthline.

1. Menangkal Radikal Bebas

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, konsumsi kacang kapri secara rutin dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Olah dengan benar, dan dapatkan manfaat luar biasa kacang ini dengan mengkonsumsinya.

2. Sumber Serat dan Protein

Apa yang bisa dilakukan kacang kapri dengan kandungan serat dan proteinnya? Ya, menjaga berat badan dan membantu proses diet yang sedang dijalankan. Memakan kacang kapri dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk memakan cemilan atau makanan berkalori tinggi lainnya.

3. Baik untuk Pencernaan

Berangkat dari serat yang tinggi di dalam kacang kapri, konsumsi rutinnya juga dapat berefek baik untuk pencernaan dalam jangka panjang. Serat yang dikonsumsi dapat memudahkan buang air besar dan menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Ternyata kacang kapri juga memiliki kandungan lutein, karoten, dan vitamin A, sebagai bentuk dari antioksidan yang dimilikinya. Kandungan-kandungan ini dapat menyehatkan mata, dan mencegah penyakit katarak serta degenerasi makula di usia tua.

5. Mencegah Anemia

Keberadaan zat besi dalam kacang kapri juga berperan besar dalam mencegah anemia yang mungkin terjadi. Secara rutin, ketika dikonsumsi, risiko anemia akan berkurang secara signifikan. Kacang kapri juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Ilustrasi kacang kapri. (Pixabay)
Ilustrasi manfaat kacang kapri. (Pixabay)

6. Dampak Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Mengapa demikian? Sebab kacang ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi di golongan kacang-kacangan. Vitamin C ini sendiri dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit.

7. Kontrol pada Kadar Gula Darah

Adanya kandungan karbohidrat kompleks di dalam kacang kapri ini juga menjadi sumber manfaat berikutnya. Karbohidrat jenis ini dapat membantu mengontrol gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Itu tadi setidaknya 7 manfaat kacang kapri yang bisa diperoleh dengan konsumsi secara rutin. Ingat, pastikan jumlah konsumsinya tidak berlebihan dan konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda!

Berita Terkait

Berita Terkini