Pria

Begini Cara Menjaga Kualitas Suara Vokalis Coldplay, Chris Martin

''Aku puasa seminggu sekali. Biasanya aku akan menjalani puasa di hari Senin, dan tak akan makan di hari itu, hanya minum air putih saja,'' kata Chris Martin.

Rauhanda Riyantama

Coldplay. (Instagram/coldplay)
Coldplay. (Instagram/coldplay)

Himedik.com - Film dokumenter band rock alternatif asal Inggris Coldplay serentak diputar di bioskop seluruh dunia pada hari Rabu, 14 November 2018 lalu. Uniknya, film yang diberi judul Coldplay: A Head Full Of Dream ini hanya bisa ditonton dalam satu hari saja.

Film yang disutradarai Mat Whitecross menceritakan rekam jejak perjuangan dan kesuksesan Coldplay selama 20 tahun berkarya. Bahkan, rekaman video yang didokumentasikan sejak sebelum 1998, yang mana grup band ini resmi dibentuk.

Di balik kesuksesan Coldplay saat ini, tentu tak terlepas dari kualitas suara sang vokalis, Chris Martin. Ia dikenal memiliki warna vokal yang khas, bahkan tanpa melihat pun, penggemar sudah tahu siapa penyanyinya.

Seperti halnya penyanyi atau vokalis lainnya, Chris Martin mempunyai cara tersendiri menjaga kualitas suaranya. Dua tahun silam, ia pernah mengungkapkan cara yang dilakukannya, yaitu dengan puasa satu hari dalam seminggu atau lebih dikenal dengan diet 6:1.

''Aku puasa seminggu sekali. Biasanya aku akan menjalani puasa di hari Senin, dan tak akan makan di hari itu, hanya minum air putih saja,'' katanya, seperti dikutip dalam wawancara bersama Fresh 102.7 pada awal 2016.

Chris Martin mengungkapkan, ide menjalani puasa ini dari seorang temannya saat ia sedang sakit. Setelah dijalani, mantan suami Gwyneth Paltrow ini merasakan perubahan yang lebih baik pada tubuhnya.

Vokalis Coldplay, Chris Martin. (Instagram/coldplay)
Vokalis Coldplay, Chris Martin. (Instagram/coldplay)

 

''Cobalah untuk tidak makan sehari, tubuhmu akan merasa lebih baik. Dan aku melakukan hal itu, hasilnya aku bisa bernyanyi lebih baik dan jadi lebih merasa bersyukur atas makanan yang ada dihadapanku,'' ungkap Chris Martin.

Saat mulai menjalani diet itu, Chris Martin merasa dirinya jadi lebih kreatif. "Aku pikir perasaan terima kasih secara alami memunculkan perasaan gembira, dan ketika lapar membuat sangat fokus, sehingga membantu kreativitas," imbuhnya.

Meski demikian, program diet 6:1 seperti yang dilakukan Christ Martin mendapat kritikan dari pakar diet dan ahli gizi. Menurut Chloe Miles dari British Dietetic Association, diet semacam ini justru berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang jadi hilang konsentrasi, merasa lelah, dan suasana hari tidak baik.

''Diet macam ini justru membuatmu tidak konsentrasi,'' ungkap Chloe, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Para pakar kesehatan lain juga mengatakan bahwa puasa seminggu sekali yang hanya minum air putih justru berisiko. Terutama bagi orang yang memiliki masalah penyakit hati dan ginjal.

Berita Terkait

Berita Terkini