Wanita

Bunda, Segera Atasi Stres! Si Kecil Bisa Merasakannya

Meluangkan waktu untuk diri sendiri merupakan salah satu cara untuk atasi stres yang dialami bunda.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bayi dengan ibunya. (pixabay)
Ilustrasi bayi dengan ibunya. (pixabay)

Himedik.com - Stres yang dialami bunda turut juga dirasakan oleh si kecil bukanlah isapan jempol belaka. Hal tersebut justru sudah dimulai sejak bayi masih dalam kandungan.

Dampaknya, bayi akan terlahir dengan berat badan yang rendah, temperamen, risiko lahir prematur meningkat, hingga berpengaruh pada tingkat IQ-nya.

Lalu setelah lahir, si kecil akan mulai belajar mengenali emosi dari orang-orang sekitarnya dan pada usia beberapa bulan bayi sudah bisa membedakan antara ekspresi bahagia dan sedih.

Inilah alasan mengapa bayi lebih tertarik jika sang ibu mengajaknya bicara dengan penuh ekspresi. Sementara itu, memasuki usia satu tahun, si kecil dapat mengenali bahkan merasa peduli terhadap ekspresi orang lain

Sejalan dengan itu, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa stres yang dialami sang ibu dapat memengaruhi kondisi si kecil, seperti ikut merasa sedih ketika orangtuanya sedih.

Jadi bunda, mulai saat ini kelola stresmu dengan baik karena dapat berdampak negatif pada kondisi si kecil. Simak nih caranya.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga

Sibuk menjadi ibu dan istri bukan berarti kamu tidak boleh meluangkan waktu untuk diri sendiri. Entah itu hanya untuk sekadar jalan-jalan atau pergi ke salon, perlu sesekali kamu lakukan supaya tak bosan dan tertekan di rumah.

Bunda bisa mengajak sekalian si kecil jalan-jalan atau berbagi tugas dengan suami untuk menjaga si kecil di rumah.

Tapi jangan lupa juga untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Pasalnya perasaan akan membaik ketika hubungan dalam keluarga erat dan harmonis.

Ilustrasi meluangkan waktu bersama keluarga. (pixabay)
Ilustrasi meluangkan waktu bersama keluarga. (pixabay)

2. Minta bantuan

Mengurus rumah adalah hal yang melelahkan. Jika bunda sudah kewalahan, tidak ada salahnya sesekali menyewa jasa asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah.

3. Jaga kesehatan

Meski disibukkan dengan mengurus buah hati dan suami, bunda tidak boleh melewatkan kesehatan diri sendiri. Cukupi waktu istirahat, air putih, dan nutrisi supaya tetap bugar dan terhindar dari stres.

4. Ketahui penyebab dan cara redakan stres

Jika usaha di atas tidak bisa mencegah timbulnya stres, bunda perlu merenung dan berpikir mengenai kondisi apa yang menyebabkan perasaan atau pikiran menjadi tertekan.

Jika sudah tahu penyebabnya, bunda bisa coba redakan stres dengan relaksasi pikiran dengan melakukan yoga atau bercerita pada teman.

Semoga cara di atas bisa membantu atasi stres yang bunda alami ya.

Berita Terkait

Berita Terkini