Wanita

Ibu Hamil Jangan Konsumsi Nangka, Ini Efeknya

Ternyata nangka punya beberapa dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Nangka. (pixabay)
Nangka. (pixabay)

Himedik.com - Nangka menjadi salah satu buah favorit hampir semua orang, tidak terkecuali ibu hamil. Buah ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan harganya pun terjangkau.

Meski rasanya yang lezat, kamu mungkin pernah mendengar bahwa nangka punya efek buruk bagi seorang ibu hamil.

Ya, ternyata buah yang digandrungi banyak orang ini punya beberapa dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Dilansir dari Momjunction, ini efek samping konsumsi nangka selama kehamilan yang berhasil dirangkum HiMedik.

1. Dapat menyebabkan alergi

Jika kamu belum pernah makan nangka, kehamilan bukanlah waktu untuk 'bereksperimen' dengan itu karena kamu tidak tahu apakah kamu alergi atau tidak.

2. Gangguan perut

Nangka. (pixabay)
Nangka. (pixabay)

Nangka yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

3. Pembekuan darah

Jika kamu memiliki kelainan darah, hindarilah konsumsi selama kehamilan karena dapat meningkatkan pembekuan darah.

4. Meningkatkan kadar gula darah

Nangka mengandung gula alami. Buah ini dapat dengan mudah memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu sangat tidak disarankan bagi penderita diabetes gestasional.

Kamu mungkin bertanya apakah nangka penyebab keguguran? Nangka tidak mungkin menyebabkan keguguran kecuali konsumsi dalam jumlah berlebih.

Jika kamu ingin mengonsumsi nangka, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran dari mereka. Yang perlu kamu ingat, efek ini mungkin tidak terjadi pada semua ibu hamil.

Berita Terkait

Berita Terkini