Info

Perbaiki Mood dengan Lakukan Olahraga Berikut Ini

Yoga dapat meningkatkan kadar GABA yang merupakan neurotransmitter dan asam amino yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Yoga. (Yoga Journal)
Yoga. (Yoga Journal)

Himedik.com - Suasana hati yang sedang amburadul memang sangat mengganggu aktivitas. Di sisi lain, kita harus tetap melakukan aktivitas tersebut karena merupakan sebuah tuntutan, misalnya bekerja.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan ketika mood berantakan. Salah satunya yaitu makan coklat. Pasalnya coklat bisa membantu otak menghasilkan hormon bahagia, sehingga membuat perasaan menjadi lebih baik.

Selain itu, ada beberapa olahraga yang mampu buat mood kamu jadi lebih baik lho. Apa saja sih?

1. Bersepeda

Para peneliti dari University of Georgia, Athena, menemukan fakta bahwa bersepeda selama 30 menit dapat membuat energi tubuh meningkat. Hal ini karena bersepeda mampu mengaktifkan sirkuit saraf otak yang membuat seseorang bersemangat. Lebih lanjut peneliti meyakini bahwa hal tersebut juga akan memengaruhi mood menjadi lebih baik.

Bersepeda/unsplash
Bersepeda/unsplash

2. Yoga

Penelitian pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam Al Ameen Journal of Medical Sciences, menunjukkan fakta bahwa yoga merupakan latihan untuk meningkatkan/memperbaiki mood.

Hal ini karena yoga dapat membantu mengatur ritme pernapasan. Selain itu olahraga ini juga mampu meningkatkan kadar GABA yang merupakan neurotransmitter dan asam amino yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Yoga. (phillymag)
Yoga. (phillymag)

3. Angkat beban

Selain bisa membentuk otot dan menyehatkan tubuh, angkat beban ternyata juga dapat membuat mood menjadi lebih baik. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology.

Bahwa mereka yang melakukan latihan angkat beban sebanyak 3-5 kali per minggu rutin selama satu bulan, memiliki hasil tes kognitif yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Kamu yang suka bad mood, mulai sekarang sebaiknya rutin melakukan ketiga jenis olahraga di atas ya!

Berita Terkait

Berita Terkini