Info

Kenapa Peregangan Penting Untuk Dilakukan?

Kamu bisa lakukan peregangan sebelum kamu membuat kopi di kantor

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kenapa Peregangan Penting Dilakukan?. (unsplash)
Kenapa Peregangan Penting Dilakukan?. (unsplash)

Himedik.com - Stretching atau peregangan pada umumnya dilakukan sebelum olahraga. Ini merupakan bagian dari sesi pemanasan.

Kamu tidak perlu menjadi atlet untuk berlatih peregangan. Latihan sederhana ini dapat dilakukan setiap hari untuk memastikan ototmu dalam kondisi yang sehat.

Para ahli mencatat bahwa kamu tidak boleh memulai dengan peregangan terlebih dahulu karena otot tidak cukup hangat sehingga meningkatkan risiko cedera.

Sebaliknya, lakukan sedikit aktivitas fisik seperti jogging ringan atau bergerak naik dan turun tangga.

Tidak berolahraga hari ini? Nah, itu masih bukan alasan untuk melewati peregangan. Bahkan, itu lebih merupakan alasan untuk melakukannya, terutama bagi mereka yang pekerjaannya terpaku pada satu tempat.

Kenapa Peregangan Penting Dilakukan?. (unsplash)
Kenapa Peregangan Penting Dilakukan?. (unsplash)

Jadi jika kamu bekerja di kantor dan menghabiskan sebagian waktu duduk di depan komputer, sangat disarankan agar kamu beristirahat untuk meregangkan kaki dan bagian tubuh lain.

Duduk terus-menerus dapat menyebabkan otot kaku. Ini bisa diminimalisir dengan sering melakukan peregangan.

"Mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan otot yang kencang sehingga kamu harus sering melakukannya," kata David Nolan, seorang ahli terapi fisik di Massachusetts General Hospital.

Namun manfaat peregangan tidak terbatas pada otot saja. Ini dapat berfungsi sebagai alat untuk pasien diabetes agar mempertahankan kadar glukosa mereka, menurut temuan dari studi 2011.

Setelah minum minuman manis, peserta diabetes yang melakukan peregangan ditemukan memiliki kadar gula darah lebih rendah daripada peserta yang hanya melakukan "peregangan tiruan" di mana mereka mengadopsi posisi yang sama tetapi tidak benar-benar meregangkan otot-otot mereka.

Selanjutnya, peregangan dapat bertindak sebagai penghilang stres dengan menghilangkan ketegangan dari berbagai bagian tubuh. Stres tidak hanya memengaruhi kamu secara mental tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah gejala fisik.

Sebagai catatan WebMD, otot tegang adalah salah satu gejala yang mungkin termasuk sakit kepala, mual, insomnia, dan banyak lagi.

Nolan mengatakan tidak setiap otot membutuhkan perhatian. "Area yang penting untuk mobilitas misalnya betis, paha belakang, pinggul dan paha depan," jelasnya.

Meregangkan bahkan dalam waktu yang singkat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan tingkat energi.

Berita Terkait

Berita Terkini