Info

4 Jenis Olahraga Berdasarkan Usia, Kamu yang Mana?

Sudah olahraga hari ini?

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Jenis olahraga berdasarkan usia. (Unsplash/rawpixel)
Jenis olahraga berdasarkan usia. (Unsplash/rawpixel)

Himedik.com - Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar selain mengonsumsi makanan sehat serta mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Aktivitas fisik yang teratur diperlukan untuk mempertahankan kekuatan, menangkal sakit serta mengurangi risiko penyakit jangka panjang.

Berikut beberapa jenis latihan dan aktivitas terbaik yang perlu kamu lakukan, dilihat berdasarkan usiamu, seperti dilansir dari medicaldaily.

1. Remaja dan usia 20an

Olahraga/pexels
Olahraga/pexels

Buat sebuah kebiasaan untuk olahraga dan jangan menahan diri untuk menantang diri sendiri. Ahli kebugaran mengatakan ini adalah saat kamu harus membangun fondasi dengan kombinasi latihan aerobik dan kekuatan.

Kamu bisa mencoba olahraga angkat beban, tenis, hiking dan sebagainya, setidaknya dua hari per minggu.

2. Usia 30an dan 40an

Pilates. (Unsplash/bruce mars)
Pilates. (Unsplash/bruce mars)

"Untuk pria dan wanita, usia 30an dan 40an merupakan usia di mana karier menjadi yang utama," kata Lisa Westlake, seorang fisioterapis di Australia.

"Ini berarti mereka mungkin sibuk di tempat kerja dan menghabiskan waktu berjam-jam di meja dengan postur yang buruk."

Latihan dengan intensitas tinggi merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang kekurangan waktu dan menghabiskan hari dengan duduk.

Ini dapat meningkatkan pembakaran lemak, membangun ketahanan fisik, menurunkan gula darah dan sebagainya. Di usia ini kamu bisa mencoba pilates.

3. Usia 50an dan 60an

Tai chi. (unsplash)
Tai chi. (unsplash)

Di usia ini, kamu tidak hanya berisiko lebih tinggi mengalami sakit tetapi juga kondisi kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Julie Broderick dari Trinity College Dublin merekomendasikan dansa ballroom dan jalan cepat untuk tetap aktif. Menari juga merupakan cara yang baik untuk bersosialisasi dan menjaga fungsi kognitif.

Orang dewasa yang lebih tua juga lebih rentan untuk jatuh sehingga merupakan ide yang baik jika meningkatkan keseimbangan seperti tai chi.

4. Usia 70an ke atas

Bersepeda. (Unsplash/yichuan zhan)
Bersepeda. (Unsplash/yichuan zhan)

Melewati usia ini, pastikan kamu tetap terus bergerak meski dengan satu atau beberapa cara. Cara terbaik adalah berbicara dengan dokter kegiatan apa yang sesuai dan mampu kamu lakukan. Beberapa orang masih bisa berlari di usia tujuh puluhan, sedangkan yang lain perlu memodifikasi dengan bersepeda atau berlari.

Berita Terkait

Berita Terkini