Info

Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan, Diet Vegan Juga Punya Banyak Manfaat

Diet vegan membantu mencegah kanker tertentu.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menu makan vegan. (Pixabay/kaboompics)
Ilustrasi menu makan vegan. (Pixabay/kaboompics)

Himedik.com - Diet vegan dikenal untuk membantu orang menurunkan berat badan. Namun, diet ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan tambahan seperti menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, diet vegan juga menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 dan kanker tertentu. Dirangkum dari Healthline, berikut manfaat kesehatan dari pola makan vegan.

1. Mengemas banyak nutrisi

Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa pola makan vegan cenderung memberikan lebih banyak serat, antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat. Mereka juga tampak lebih kaya kalium, magnesium, folat serta vitamin A, C dan E.

Namun, tidak semua diet vegan mengemas nutrisi yang sama. Misalnya, diet vegan yang tidak terencana dapat menyebabkan kurangnya asupan nutrisi sepeti asam lemak esensial, vitamin B12, zat besi, kalsium, yodium, atau seng.

2. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi ginjal

Seorang vegan cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, sensitivitas insulin yang lebih tinggi, dan risiko terkena diabetes tipe 2 turun sebanyak 50 hingga 78 persen.

Penelitian bahkan melaporkan bahwa diet vegan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes lebih banyak daripada diet dari American Diabetes Association (ADA), American Heart Association (AHA) dan National Cholesterol Education Program (NCEP).

Bahkan dalam satu penelitian, sebanyak 43 persen peserta yang mengikuti diet vegan mampu mengurangi dosis obat penurun gula darah mereka, dibandingkan dengan 26 persen pada kelompok yang mengikuti diet yang direkomendasikan oleh ADA.

Ilustrasi menu makan vegan. (pixabay/silviarita)
Ilustrasi menu makan vegan. (pixabay/silviarita)

 

Studi lain melaporkan bahwa penderita diabetes yang mengganti daging dengan protein nabati dapat mengurangi risiko fungsi ginjal yang buruk.

Terlebih lagi, beberapa penelitian melaporkan bahwa pola makan vegan mungkin dapat memberikan pertolongan lengkap dari gejala polineuropati distal sistemik, suatu kondisi pada penderita diabetes yang menyebabkan rasa sakit yang tajam dan membakar.

3. Diet vegan dapat mencegah kanker tertentu

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar sepertiga dari semua kanker dapat dicegah dengan faktor-faktor dalam kendali Anda, termasuk diet.

Misalnya, mengonsumsi legum secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sekitar 9 hingga 18 persen.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan setidaknya tujuh porsi buah dan sayuran segar per hari dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker hingga 15 persen.

Terlebih lagi, diet vegan umumnya mengandung lebih banyak produk kedelai, yang mungkin menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara.

Itulah tiga manfaat diet vegan untuk kesehatan selain membantu menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini