Info

Alpukat, Buah Hijau Menyehatkan Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Alpukat mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Alpukat. (pixabay/stevepb)
Alpukat. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Alpukat merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang kaya nutrisi. Buah menyehatkan ini ternyata juga efektif membantu menurunkan berat badan.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) yang dilansir dari Everyday Health, sekitar setengah potong alpukat atau 68 gram mengandung sebanyak 114 kalori, 6 gram serat, 6,7 gram asam lemak tak jenuh tunggal.

Alpukat juga dikemas dengan vitamin A, B, E, K, magnesium, sodium, dan kalium. Menurut California Dairy Council, kalium adalah komponen kesehatan utama buah, nutrisi yang membantu meningkatkan kontraksi jantung yang sehat dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Sedangkan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Alpukat juga merupakan sumber serat makanan yang baik sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas. Serat makanan dikenal untuk menciptakan perasaan kenyang, yang dapat mencegah ngemil sepanjang hari.

Alpukat. (pixabay/silverstylus)
Alpukat. (pixabay/silverstylus)

Hal itulah yang akhirnya membuat alpukat sering dianggap makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Pernyataan tersebut didukung oleh Abbey Sharp, RD.

Menurut Sharp, alpukat dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan seratnya membuat tubuh kenyang.

Sejalan dengan itu, sebuah studi kecil yang diterbitkan di BioMed Central, 26 orang dewasa yang kelebihan berat badan melaporkan penurunan rasa lapar hingga 28 persen dan peningkatan rasa puas sebanyak 23 persen setelah menambahkan setengah alpukat ke dalam makanan sehari-hari mereka.

Namun, tak hanya menyehatkan tubuh, alpukat juga dapat mempercantik kulit. Sharp menunjukkan bahwa menambahkan alpukat ke dalam makanan dapat meningkatkan warna kulit yang sehat.

Selain itu, vitamin C-nya dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan mengatasi kulit kering.

Nah, itulah sederet manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini