Info

Sakit Perut Seusai Olahraga? 3 Hal Ini Mungkin Penyebabnya!

Beberapa orang akan mengalami efek samping yang aneh setelah olahraga.

Vika Widiastuti

Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Olahraga jika dilakukan secara rutin akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya yaitu menjaga berat badan, mencegah berbagai penyakit, hingga baik untuk kesehatan mental

Namun, terkadang beberapa orang akan mengalami efek samping yang aneh setelah olahraga. Meski sebagian besar efek sampingnya termasuk normal, tapi tak bisa diabaikan. Apalagi bagi Anda yang mulai melakukan latihan kebugaran.

Dilansir dari timesofindia, berikut beberapa efek samping terkait lambung yang mungkin Anda alami setelah berolahraga.

1. Mulas dan penyakit asam lambung

Orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) akan mengeluh mulas dan sakit perut. Hal ini terjadi akibat aliran kandungan asam dari lambung ke kerongkongan.

Beberapa latihan disebutkan bisa memperburuk gejala GERD dan memicu mulas. Terkadang bahkan, orang yang tidak menderita GERD bisa mengalami sakit maag setelah latihan karena aliran asam.

Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)
Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)

 

Latihan seperti jogging dan aerobik bisa mengocok cairan di perut yang menyebabkan mulas dan asam lambung naik. Bahkan, olahraga di mana otot perut berputar dapat menyebabkan mulas.

2. Dehidrasi

Setelah olaharaga, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga memperlambat laju makanan melewati tubuh.

Gerakan makanan yang lambat melalui saluran pencernaan berarti tubuh akan menyerap lebih banyak air darinya, yang menyebabkan pencernaan makanan menjadi lambat. Jika Anda sangat dehidrasi, bisa jadi Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

Ilustrasi jogging. (Shutterstock)
Ilustrasi jogging. (Shutterstock)

 

3. Berolahraga setelah makan

Berolahraga saat perut penuh juga dapat menyebabkan masalah pada perut. Jika Anda berolahraga segera setelah makan, maka tubuh Anda akan bingung.

Hal ini berfokus pada otot-otot Anda daripada sistem pencernaan Anda, membuat perut terasa berat dan kembung. Jadi, jangan berolahraga segera setelah makan atau langsung makan setelah sesi latihan.

Jika Anda rentan terhadap masalah yang berhubungan dengan perut, maka jagalah waktu dua jam antara waktu makan dan olahraga.

Berita Terkait

Berita Terkini