Info

4 Alasan yang Membuat Diet Tak Kunjung Menurunkan Berat Badan

Ada alasan yang mungkin bikin diet Anda tak bisa menurunkan barat badan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Sudah diet tapi berat badan tak kunjung turun? Menurut ahli diet, ada beberapa alasan yang bisa membuat Anda tak kunjung menurunkan angka timbangan. 

Melansir dari Insider, berikut beberapa alasan yang mungkin membuat diet Anda tak kunjung membuahkan hasil, antara lain:

Tubuh Tidak Sesuai dengan Diet

Saat pertama kali melakukan diet dan Anda menurunkan sedikit berat badan, maka kebutuhan tubuh juga akan berubah. Sehingga ketika metode diet masih sama, mungkin berat badan yang sudah sedikit menurun tidak bisa beradaptasi dengan menu atau pola diet yang lama. 

Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)
Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)

"Jika Anda kelebihan berat badan secara medis, Anda dapat menurunkan 20 hingga 30 pon (5-7 kg)dalam beberapa bulan dengan makan jumlah kalori yang," kata ahli diet terdaftar Fatimah Fakhoury mengatakan kepada Insider.

"Tapi itu tidak akan bertahan selamanya," imbuhnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan kembali metode diet yang dilakukan. 

Kekurangan Kalori

Makan terlalu sedikit juga dapat menyulitkan Anda menurunkan berat badan. "Ketika Anda tidak makan cukup, tubuh Anda kelaparan dan tidak akan kehilangan berat badan ekstra," kata Fakhoury.

"Membatasi asupan secara serius juga bisa membuat Anda terlalu lelah untuk melakukan aktivitas fisik, apalagi membuat Anda tidak bahagia," tambahnya.

Kurang Tidur

Satu studi menemukan bahwa dibandingkan dengan tidur delapan jam di malam hari, tidur hanya empat jam menyebabkan makan 559 lebih banyak kalori pada hari berikutnya. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengurangi tidur tiga jam semalam selama 10 malam menyebabkan lebih sedikit kehilangan lemak. "Itu sebagian karena kurang tidur mengaktifkan hormon kelaparan" kata  pelatih pribadi Ben Carpenter sebelumnya kepada Insider.

Ilustrasi lelaki yang mengalami insomnia. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki yang mengalami insomnia. (Shutterstock)

Tubuh Sudah Sehat Tanpa Penurunan Berat Badan

Kesulitan berat badan bisa saja karena tubuh Anda sudah sehat tanpa harus menurunkan angka timbangan.  Kebiaaan Anda seperti makan sehat, olahraga, dan mengelola stres lebih penting untuk kesehatan daripada menurunkan berat badan. 

"Tujuan utamanya adalah menjadikan makanan menjadi salah satu dari banyak aspek kehidupan yang mendukung kesejahteraan Anda," kata ahli diet terdaftar Christy Harrison.

Berita Terkait

Berita Terkini