Info

Sering Lapar Tengah Malam? Cek 10 Kemungkinan Penyebabnya!

Ada banyak alasan mengapa bisa terbangun dan merasa lapar tengah malam. Seringkali itu dikaitkan dengan gaya hidup.

Yasinta Rahmawati

Ngemil tengah malam. (unsplash)
Ngemil tengah malam. (unsplash)

Himedik.com - Tubuh manusia umumnya tahu kapan waktunya makan dan kapan waktunya tidur. Rasa lapar pun sebenarnya dorongan alami yang biasa terjadi. 

Jika Anda terbangun di tengah malam karena rasa lapar, kemungkinan tubuh tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Tubuh masih membakar kalori saat kita tidur, tetapi kecuali jika memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan, perut tidak boleh kelaparan di malam hari.

Ada banyak alasan mengapa bisa terbangun dengan rasa lapar di malam. Seringkali itu dikaitkan dengan gaya hidup. Dikutip dari Healthline, ini penyebab lapar tengah malam.

1. Makan berlebihan sebelum tidur

Mengonsumsi makanan, terutama yang tinggi pati dan gula, sebelum tidur menyebabkan lonjakan gula darah.

Pankreas kemudian melepaskan hormon insulin yang memberi tahu sel untuk menyerap gula darah. Ini menyebabkan kadar gula darah turun, menyebabkan rasa lapar.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa makan di malam hari umumnya kurang mengenyangkan dibandingkan dengan makan di pagi hari.

Para ilmuwan merekomendasikan untuk hanya mengonsumsi camilan kecil yang padat nutrisi kurang dari 200 kalori tepat sebelum waktu tidur.

Misalnya, minuman kaya protein sebelum tidur telah terbukti memuaskan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme ketika bangun pagi.

Makan sebelum tidur/Healing Lifestyles & Spas
Ilustrasi ngemil tengah malam.

 

2. Kurang tidur

Kurang tidur dikaitkan dengan kontrol gula darah yang buruk. Bahkan hanya beberapa malam tanpa tidur dapat memengaruhi kadar gula darah.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan tingkat ghrelin yang lebih tinggi, hormon yang bertanggung jawab untuk menghasilkan rasa lapar.

Usahakan untuk tidur enam hingga delapan jam setiap malam untuk mencegah masalah ini.

3. Sindrom pramenstruasi (PMS)

PMS adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan dan perilaku fisik, biasanya tepat sebelum haid dimulai.

Ini diyakini disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Mengidam makanan, terutama camilan manis, adalah gejala yang umum terjadi.

Berita Terkait

Berita Terkini