Info

Biar Tidur Lebih Nyenyak, Lakukan Peregangan Dulu Yuk

Hasil penelitian menunjukkan kualitas tidur membaik saat melakukan peregangan di malam hari.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi gangguan tidur - (Unsplash/Kinga Cichewicz)
Ilustrasi gangguan tidur - (Unsplash/Kinga Cichewicz)

Himedik.com - Tak cuma saat akan olahraga, peregangan ternyata juga memberi manfaat jika dilakukan sebelum tidur. Melakukan peregangan sebelum tidur adalah cara alami yang bagus untuk meningkatkan kualitas serta durasi tidur.

Mengutip Medical News Today, penelitian menemukan bahwa praktik meditasi kesadaran yang menggabungkan peregangan lembut, seperti yoga dan tai chi, umumnya meningkatkan kualitas tidur.

Dalam tinjauan studi Cina dan Amerika dari jurnal medis Sleep Medicine Reviews, gerakan meditasi seperti yoga dan tai chi sebelum tidur terbukti meningkatkan kualitas tidur, dan juga meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental seseorang secara keseluruhan.

Dan buktinya, yoga ternyata sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang untuk tertidur di malam hari karena sakit otot, atau pikiran yang gelisah.

Di sisi lain sebuah studi tentang latihan ketahanan dan peregangan menemukan bahwa latihan ini dapat memperbaiki gejala insomnia. Dalam studi tersebut, para partisipan melakukan peregangan dalam sesi 60 menit sebanyak tiga kali seminggu selama jangka waktu 4 bulan.

Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)
Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)

Hasil penelitian menunjukkan kualitas tidur membaik saat melakukan peregangan di malam hari. Studi lain menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua melaporkan peningkatan kualitas tidur setelah melakukan aktivitas fisik dan kognitif tingkat rendah.

Sehingga peneliti menemukan bahwa peregangan lembut menghasilkan tidur yang lebih baik daripada saat para peserta melakukan latihan yang lebih berat, seperti aerobik.

Dalam studi lain yang melibatkan wanita pascamenopause dengan kelebihan berat badan, menemukan bahwa peregangan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur mereka.

Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat peregangan sebelum tidur. Namun, banyak penelitian yang mengaitkan olahraga ringan dan peregangan dengan peningkatan kualitas tidur secara keseluruhan.

Secara umum, rutin melakukan peregangan dapat membantu:

  • mengurangi nyeri tubuh
  • mengurangi stres dan meningkatkan mood
  • meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas
  • meningkatkan kesehatan dan kinerja otot
  • mengurangi risiko cedera
  • mempromosikan penurunan berat badan
  • meningkatkan sirkulasi

Namun perlu dicatat bahwa orang hanya boleh melakukan peregangan selama merasa nyaman, dan cukup berhenti gerakan peregangan tersebut menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan.

Berita Terkait

Berita Terkini