Info

Terlihat Mudah, Banyak Orang Masih Salah Melakukan Plank

Bagaimana aturan melakukan plank agar mendapat manfaat maksimal?

Rosiana Chozanah

Plank. (pixabay)
Plank. (pixabay)

Himedik.com - Banyak orang melakukan plank karena jenis olahraga ini sangat baik dalam memperkuat inti sekaligus otot seluruh tubuh. Inilah mengapa plank berada dalam rangakaian yoga atau pilates. Plank juga bisa membuat perut rata.

Gerakan plank memang terlihat sederhana, tetapi sebenarnya tidak. Sebab, Anda harus menyeimbangkan tubuh serta menahan berat badan selama beberapa detik hingga menit.

Tapi banyak orang yang melakukan plank mengira semakin lama tubuh mempertahankan posisinya, maka semakin banyak manfaat yang didapat.

Padahal, plank bukanlah tentang durasi menahan berat tubuh. Sebab, apabila tidak melakukannya secara benar tetapi tetap memaksakan, maka hanya akan membuat otot tegang.

Berdasarkan Times of India, plank yang benar adalah mempertahankan postur dalam beberapa sesi. Untuk pemula, 10 detik plank dengan 20 detik istirahat di antara repetisi merupakan waktu yang tepat.

Plank (Pexels)
Plank (Pexels)

Apabila sudah terbiasa, makan durasi plank dapat ditambah menjadi 30 detik. Jangan lupa untuk beristirahat sebelum mengulanginya lagi.

Hal yang penting adalah melakukan plank secara benar. Meski ini adalah salah satu latihan dasar, kebanyakan orang masih salah melakukannya.

Berikut cara yang tepat untuk melakukannya:

1. Posisikan tubuh berlutut dengan kedua tangan lurus sejajar dengan bahu.

2. Tekuk siku dan luruskan tubuh dengan jari-jari kaki menekuk. Anda bisa membuka kaki atau tidak, tergantung dengan kenyamanan. Rasakan otot lengan, perut dan kaki Anda menahan seluruh berat badan.

3. Tahan tubuh dalam garis lurus dari kepala hingga tumit dengan wajah menghadap ke bawah.

4. Tahan posisi ini selama 10 hingga 30 detik, lalu istirahat. Lakukan ini berulang kali untuk mendapat manfaatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini