Info

Sering Malas Olahraga? Ikuti 4 Tips Berikut

Supaya tidak mager, mulailah dengan jenis olahraga yang Anda sukai.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi olahraga.
Ilustrasi olahraga.

Himedik.com - Aktif bergerak dan rutin olahraga menjadi upaya penting agar hidup lebih sehat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit atau berolahraga dengan intensitas tinggi  selama 75 menit per minggu.

Tapi tidak sedikit masyarakat yang mengaku sulit membangkitakan semangat olahraga. Ada banyak faktor, mulai dari tidak ada waktu hingga malas.

Oleh karena itu, dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, berikut empat cara yang bisa diterapkan agar tidak malas olahraga, berdasarkan siaran pers Ruang Guru, Kamis (9/9/2021).

1. Pahami manfaat olahraga

Manfaat olahraga mungkin tidak instan, namun dengan rutin melakukannya kita dapat mengurangi lemak di dalam tubuh, membangun massa otot serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain bermanfaat bagi tubuh, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kesehatan mental, antusiasme, optimisme dan kepercayaan diri pada diri kita sendiri.

2. Lakukan olahraga bersama teman atau keluarga

Ketika berolahraga sendirian, kita biasanya akan lebih mudah untuk merasa bosan. Maka tak ada salahnya beraktivitas bersama teman atau keluarga agar terasa lebih menyenangkan.

Beraktivitas bersama keluarga menciptakan quality time yang bisa dimanfaatkan untuk mempererat bonding antara satu sama lain.

3. Mulailah dengan kegiatan yang disukai

Ketika kita menyukai dan menikmati suatu kegiatan, pasti kita ingin melakukannya kembali. Untuk itu, pilihlah jenis aktivitas fisik yang disukai untuk membuat kita lebih bersemangat dan lebih mudah untuk dilakukan sebagai rutinitas sehari-hari.

4. Berikan reward untuk diri sendiri

Buatlah tujuan yang ingin kita capai dengan melakukan aktivitas fisik, dan catatlah perkembangan aktivitas fisik kita secara rutin.

Jika target yang kita inginkan sudah terpenuhi, berilah reward kepada diri sendiri agar memotivasi kita supaya lebih semangat lagi kedepannya.

Berita Terkait

Berita Terkini