Info

5 Manfaat Bersepeda, Bagus untuk Kesehatan Mental Juga Lho

Selain jadi tren, bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran, lho.

Yasinta Rahmawati

Bersepeda/unsplash
Bersepeda/unsplash

Himedik.com - Olahraga bersepeda semakin populer belakangan. Tapi tak cuma sekadar tren, bersepeda sendiri punya manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Diketahui, bersepeda bisa membantu melindungi Anda dari penyakit obesitas, jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, hingga radang sendi.

Selain meningkatkan kesehatan, olahraga ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk gaya hidup yang lebih sehat. Dan yang paling penting, bersepeda cocok dilakukan oleh semua kalangan usia, baik itu orang tua, dewasa muda, hingga anak-anak.

Melansir dari Better Health, inilah lima manfaat bersepeda yang bisa Anda dapatkan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, olahraga merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Bersepeda akan membantu meningkatkan metabolisme Anda, serta membangun otot dan membakar lemak tubuh. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, selain bersepeda, Anda juga perlu imbangi dengan makanan sehat.

Ilustrasi bersepeda (Unplash/Travis Yewell)
Ilustrasi bersepeda (Unplash/Travis Yewell)

2. Menurunkan Penyakit Kardiovaskular

Bersepeda secara teratur dapat menurunkan penyakit kardiovaskular, termasuk stroke, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. Di samping menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, bersepeda juga dapat memperkuat otot jantung Anda, menurunkan denyut nadi istirahat, dan mengurangi kadar lemak.

Bersepeda juga baik untuk kesehatan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki paparan polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit dibandingkan pengguna mobil.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Penelitian menunjukkan, rutin bersepeda dapat menurunkan risiko kanker usus. Bukti lain menunjukkan, bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara bagi wanita.

4. Mengurangi Diabetes

Diabetes tipe dua merupakan masalah kesehatan serius yang masih banyak ditemui di tengah masyarakat Indonesia. Diabetes disebut sebagai penyakit akibat kurangnya aktivitas fisik. Sebuah penelitian dari Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena diabetes.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain meningkatkan kesehatan fisik, bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Dengan bersepeda secara teratur, gejala depresi, stres, hingga kecemasan akan berkurang.

Berita Terkait

Berita Terkini