Info

Bisa Bikin Pinggang Ramping, Pemakaian Korset Jangka Panjang Bawa Sederet Masalah Ini

Berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa timbul kalau memakai korset dalam jangka panjang.

Yasinta Rahmawati

Kim Kardashian di Met Gala 2024. (Instagram)
Kim Kardashian di Met Gala 2024. (Instagram)

Himedik.com - Penampilan Kim Kardashian di acara Met Gala 2024 sukses mencuri perhatian. Pasalnya, ia tampil dalam balutan busana dengan pinggang super ramping.

Diketahui Kim Kardashian mengenakan gaun berwarna silver dilengkapi korset strapless ketat. Karena korset itulah, pinggang Kim jadi super kecil dan ramping bak jam pasir.

Penampilan Kim langsung menjadi perhatian pengguna media sosial. Tak sedikit yang melihat Kim begitu kesakitan selama sesi foto di red carpet Met Gala.

Terlebih wajah Kim terlihat tidak nyaman karena terus membuka mulutnya seakan mencari udara.

Bahaya Memakai Korset

Kendati penampilan Kim Kardashian dengan dress tersebut begitu memukau, penggunaan korset cukup berbahaya. Terlebih jika dipakai secara terus menerus.

Dirangkum dari laman Hello Sehat, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa timbul kalau memakai korset dalam jangka panjang.

1. Mengganggu pernapasan

Memakai korset terlalu ketat seharian bisa membuat saluran pernapasan terhambat. Efek samping ini disebabkan oleh kapasitas paru-paru yang menurun akibat terhimpit tekanan kuat dari korset.

2. Gangguan pencernaan

Tak cuma paru-paru, korset juga akan menghimpit sistem pencernaan. Mmebuat usus dan lambung bekerja lebih keras dalam menggerakkan dan mencerna makanan.

3. Penyusutan organ

Memakai korset setiap hari berisiko menyebabkan atrofi, yakni penyusutan dan pengecilan organ dalam tubuh. Dalam kasus ini, atrofi dinding perut dan atrofi otot perut bagian samping (oblique) bisa terjadi.

4. Nyeri punggung

Tekanan berlebihan karena korset akan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Karenanya, punggung jadi terasa nyeri, kaku, dan kebas. Hal ini terutama terjadi pada punggung bawah yang bertugas untuk menunjang postur tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini