Pria

Tak Cuma Fisik, Nyatanya Kekurangan 3 Vitamin Berikut Berefek pada Mental

Selain fisik, beberapa vitamin berefek pada kesehatan mental.

Fita Nofiana

Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)
Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)

Himedik.com - Umumnya vitamin dikenal bisa membantu menyehatkan fisik. Namun tak hanya secara fisik, beberapa vitamin juga bisa pengaruhi kesehatan mental

Melansir dari Healthshots, vitamin D dan vitamin B12 dikenal ntuk meningkatkan kemampuan mental, menghilangkan stres, dan meningkatkan keterampilan kognitif. Oleh karena itu, kekurangan vitamin tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan mental. 

Berikut secara rinci mengapa kekurangan vitamin tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, berikut penjelasannya:

1. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting dan merupakan vitamin yang larut dalam air dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan kadar oksigen darah, energi fisik, dan kesehatan mental. 

Vitamin B12 dikenal untuk membantu menghilangkan stres, menimbulkan rasa positif, dan meningkatkan daya ingat.

Ilustrasi Vitamin B (freepik)
Ilustrasi Vitamin B (freepik)

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin terpenting yang perlu Anda konsumsi agar tetap sehat secara mental. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan orang yang menderita masalah kesehatan mental, seperti gangguan obsesif-kompulsif, gangguan bipolar, dan skizofrenia, merasa tidak nyaman. 

Selain itu, vitamin ini juga membantu dalam mengatur fluktuasi suasana hati. Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam ayam, telur, susu, keju, susu kedelai, susu almond, dan sereal yang diperkaya.

2. Vitamin D

Secara konvensional vitamin D dikaitkan dengan kesehatan tulang, namun vitamin ini juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan mental. Vitamin D adalah pengatur suasana hati alami, selain itu kesedihan yang berkepanjangan sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D juga diketahui menyebabkan kecemasan, depresi, dan dapat meningkatkan tingkat stres.

Sumber alami vitamin D terbaik adalah sinar matahari, namun Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan seperti susu, telur, dan jamur.

Ilustrasi Vitamin D (freepik)
Ilustrasi Vitamin D (freepik)

3. Vitamin C

Vitamin C terkenal cegah flu biasa, penyakit kudis, dan dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, vitamin C juga merupakan nutrisi yang kuat untuk membantu mencegah depresi dan kecemasan.

Kekurangan vitamin C menyebabkan pelepasan asam askorbat dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan neurologis di mana berpotensi menyebabkan kecemasan, depresi, dan gangguan bipolar pada beberapa kasus akut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center, Department of Neuroscience di Nashville mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin C pada tikus menyebabkan perilaku depresi. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C dapat menurunkan kadar dopamin dan serotonin yang dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Vitamin C dapat ditemukan secara alami dalam buah sitrat seperti jeruk, buah beri seperti kiwi, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Berita Terkait

Berita Terkini