Info

Ini Tangan Terbaik untuk Menerima Telepon

Penggunaan tangan kanan untuk menerima telepon ternyata dinyatakan lebih baik.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi menerima telepon. (unsplash)
Ilustrasi menerima telepon. (unsplash)

Himedik.com - Menerima telepon merupakan aktivitas yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa tangan yang digunakan menerima telepon memiliki pengaruh. 

Menurut penelitian yang dilakukan Nordic Council of Ministers mengungkapkan bahwa penggunaan tangan kanan untuk menerima telepon ternyata dinyatakan lebih baik.

Nordic adalah negara-negara yang berada di wilayah Eropa Timur dan Atlantik Utara yang meliputi Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Kepulauan Faroe, Greenland, Svalbard, dan Aland.

Menurut laporan tersebut, jika seseorang memegang smartphone dengan tangan kanan dan menggunakan telinga bagian kanan saat melakukan percakapan di telepon, maka akan menerima suara yang lebih jernih.

Selain itu, penggunaan tangan kanan dinilai mengurangi kebisingan yang ditimbulkan ketika menelepon.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Henry Ford Hospital di Detroit, Amerika Serikat, ada hubungan yang kuat antara dominasi otak dengan kecenderungan penggunaan telinga untuk merespons panggilan masuk di smartphone.

Pada uji coba dengan sekelompok orang, seseorang yang dominan menggunakan otak kiri lebih sering menggunakan tangan kanan untuk menulis dan melakukan tugas sehari-hari. Begitu pula ketika mengangkat telepon, ia akan menggunakan tangan kanan.

Sebaliknya, untuk seseorang yang dominan memakai otak kanan, lebih sering menggunakan tangan kiri untuk menggenggam smartphone dan menempelkan ke telinga kiri.

Terlepas dari penelitian tersebut, sebenarnya menggunakan tangan mana saat menerima telepon adalah pilihan dan gerak refleks saja. Jangan sampai terbebani dengan hasil studi dan penelitian ini.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Kiri atau Kanan? Ini Tangan Terbaik untuk Terima Telepon

Berita Terkait

Berita Terkini