Info

Ketahui Penyebab Darah Sukar Membeku

Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kadar trombosit dalam darah.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi jari tangan terluka. (pixabay)
Ilustrasi jari tangan terluka. (pixabay)

Himedik.com - Ketika tangan terluka terkena benda tajam seperti pisau, hal ini akan menyebabkan darah keluar dari pembuluh (perdarahan). Jumlah darah yang keluar tergantung dari besarnya luka dan akan berhenti keluar dengan sendirinya dalam waktu beberapa saat.

Tapi, pernahkah kamu mengalami darah sukar membeku ketika terluka? Apa sih penyebabnya? Sebelum mengulas penyebab darah yang sukar membeku, kamu perlu tahu dulu bagaimana proses pembekuan darah.

Sebagai informasi, darah terbagi menjadi plasma, sel darah merah, darah putih, dan keping darah. Ketika kamu terluka keping darah atau trombosit ini ikut keluar bersama darah.

Ilustrasi sel darah. (pixabay)
Ilustrasi sel darah. (pixabay)

Untuk menghentikan pendarahan, trombosit mengeluarkan enzim trombokinase yang akan masuk ke plasma darah dan mengubah protombin menjadi trombin.

Sementara itu, di dalam darah ada sejenis protein yang bisa larut di dalamnya, namanya fibrinogen. Nah, protein itulah yang diubah oleh trombin menjadi benang-benang fibrin untuk menutup luka.

Nah, dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa darah sukar membeku bisa disebabkan oleh:

1. Adanya kerusakan pada fibrinogen
2. Kadar trombosit yang rendah.

Selain itu, penyakit kelainan darah seperti hemofilia juga bisa menyebabkan darah sukar membeku. Maka dari itu sangat disarankan kamu melakukan pemeriksaan darah.

Dalam pemeriksaan tersebut, kamu akan mengetahui jumlah sel darah putih, darah merah, keping darah (trombosit), agregasi trombosit, bleeding time, dan jika memang kamu mengidap kelainan darah maka bisa terdeteksi lebih awal.

Berita Terkait

Berita Terkini