Info

Sudah Olahraga tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ini Alasannya!

Siapa nih yang sering kecewa karena sudah olahraga tapi berat badan tak kunjung turun?

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Naikkan berat badan. (unsplash)
Naikkan berat badan. (unsplash)

Himedik.com - Masih banyak yang sering mengeluh soal masalah berat badan. Satu diantaranya adalah sudah sering olahraga namun berat badan tidak kunjung turun.

Pada titik ini kadang muncul rasa kecewa bahkan penyesalan. Pasalnya kamu sudah mengorbankan banyak waktu, tenaga bahkan uang untuk berolahraga namun hasil yang kamu dapat belum sesuai harapan.

Kadang kamu sendiri pun tidak bisa menjawab mengapa hal ini bisa terjadi - sudah berolahraga namun berat badan tidak mengalami perubahan.

Kali ini HiMedik menemukan jawabannya dilansir dari laman dailymail. Satu faktor yang membuat berat badanmu tidak kunjung turun adalah pola makan.

Olahraga tanpa pola makan yang benar tidak menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini dijelaskan oleh Dr Hans-Peter Kubis dari Universitas Bangor.

Ilustrasi olahraga. (undrey @ 123TRF.Com)
Ilustrasi olahraga. (undrey @ 123TRF.Com)

Ia mengatakan ''Agar efektif, olahraga untuk menurunkan berat badan perlu diintegrasikan ke dalam pendekatan gaya hidup.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan berat badan, termasuk latihan yang dikombinasikan dengan diet.''

Kubis menjelaskan tidak ada perubahan signifikan pada berat badan jika tanpa perubahan pola makan.

''Entah kamu menyadarinya atau tidak, seseorang yang melakukan aktivitas fisik atau olahraga lebih banyak dapat mengalami peningkatan nafsu makan.

Sebagai akibatnya, ini membuat orang sulit mencapai tujuan mereka. Pola makan yang tidak dikontrol dan diatur bisa membuat berat badan tidak mengalami perubahan bahkan mengalami peningkatan.

Nah, untuk kamu yang terlanjur merasa kecewa dengan usahamu, jangan putus asa dulu. Ubah pola makanmu.

Jangan samakan dietmu dengan diet artis atau selebgram siapa pun karena tubuh setiap orang berbeda. Metabolisme tubuh pada setiap orang tidak sama sehingga mengharuskan kamu untuk memenuhi pola makan sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Misalnya jangan paksakan hanya makan satu buah pisang jika tubuhmu tidak kuat menahan rasa lapar hanya demi bisa mendapatkan berat badan ideal.

Satu lagi, konsekuen dengan pilihanmu. Jika kamu ingin berat badan turun, maka fokuskan pikiranmu pada tujuanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini