Info

Jaga Kesehatan Mental dengan Nutrisi, Yuk Ikuti Panduan Makan Sehat Berikut

Menjaga kesehatan mental juga bisa dimulai dengan apa yang Anda konsumsi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)
Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)

Himedik.com - Sudah diketahui bahwa menjaga kesehatan mental juga bisa terkait dengan makanan yang Anda konsumsi. Namun tak hanya makanan sehat karena pola makan bisa tergantung dengan jenis kelamin dan usia Anda. 

Hal ini dinyatakan dalam studi yang disusun oleh para peneliti di Binghamton University, State University of New York.

Melansir dari Healthshots, studi tersebut mengklaim bahwa pola makan yang disesuaikan dan perubahan gaya hidup dapat menjadi kunci dalam mengoptimalkan kesehatan mental. Namun pola makan sehat seharusnya disesuaikan dengan jenis kelamin dan usia. 

"Ada semakin banyak bukti bahwa pola makan memainkan peran utama dalam meningkatkan kesehatan mental” kata Begdache, asisten profesor studi kesehatan dan kebugaran di Binghamton University.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Nutrients. .

"Kita perlu mempertimbangkan spektrum perubahan pola makan dan gaya hidup berdasarkan kelompok usia dan jenis kelamin yang berbeda," ujar Begdache.

Begdache yang juga seorang ahli diet terdaftar, percaya bahwa terapi kesehatan mental perlu mempertimbangkan perbedaan tingkat kematangan otak antara orang dewasa muda (18-29 tahun) dan dewasa (30 tahun atau lebih). Pola makan juga perlu mempertimbangkan morfologi otak antara pria dan wanita.

Berikut rincian pola makan untuk kesehatan mental, antara lain:

1. Perempuan Dewasa Muda

Pendekatan pola makan dan gaya hidup yang signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan mental di antara wanita muda adalah dengan mengonsumsi sarapan setiap hari, frekuensi olahraga sedang hingga tinggi, asupan kafein rendah, dan pantang makanan cepat saji.

2. Perempuan Dewasa

Pendekatan pola makan dan gaya hidup untuk meningkatkan kesejahteraan mental di antara perempuan dewasa adalah olahraga harian dan konsumsi sarapan, serta asupan buah-buahan yang tinggi dengan konsumsi kafein yang terbatas.

Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

3. Pria Dewasa Muda

Untuk meningkatkan kesejahteraan mental pria muda, pendekatan pola makan dan gaya hidup yang disarankan adalah sering berolahraga, konsumsi susu dalam jumlah sedang, asupan daging yang tinggi. Mereka juga disarankan untuk konsumsi kafein dalam jumlah rendah dan pantang konsumsi makanan cepat saji.

4. Pria Dewasa

Pendekatan pola makan untuk meningkatkan kesejahteraan mental di antara pria dewasa adalah konsumsi asupan kacang-kacangan.

Berita Terkait

Berita Terkini