Info

Meski Populer, Baiknya Hindari 4 Metode Diet Berikut

Beberapa metode diet yang populer ternyata tak baik untuk kesehatan, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi diet keto. (shutterstock)
Ilustrasi diet keto. (shutterstock)

Himedik.com - Belakangan diet keto hingga diet atkins cukup populer karena dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Sayangnya tidak semua diet yang populer pasti aman untuk kesehatan. 

Melansir dari Eat This, berikut empat diet populer yang sebaiknya jangan Anda ikuti, antara lain:

1. Diet Atkins

Meskipun diet tanpa karbohidrat dan berbahan bakar daging dapat membantu Anda menurunkan berat badan, diet atkinsdapat berdampak negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan. 

"Diet Atkins memasukkan daging merah dan lemak tinggi sebagai komponen utama makanan Anda. Masalah dengan diet seperti ini adalah tingginya konsentrasi daging merah dan lemak tak jenuh yang bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan kolesterol tinggi," ujar Allen Conrad, BS, DC, CSCS dari Montgomery County Chiropractic Center di North Wales, PA.

2. Diet Ketogenik

Keto adalah diet yang paling digemari di tahun 2019. "Konsep (diet) melibatkan makan makanan rendah karbohidrat dengan tujuan menurunkan berat badan. Dengan membuat tubuh berada dalam keadaan ketosis, idenya adalah bahwa tubuh Anda akan menyimpan lebih sedikit lemak tubuh, dan Anda bisa turun beberapa kilogram," ujar Conrad. 

Namun, masalah dengan diet ketogenik adalah menambah tekanan pada organ internal yang membutuhkan karbohidrat untuk bekerja. 

3. Hanya Minum Jus

Jus membuat buah-buahan dan sayuran melepaskan seratnya. Selain itu, jus tidak sepenuhnya bisa membersihkan racun untuk tubuh.

"Tubuh kita hebat dalam membersihkan tubuh melalui hati dan ginjal  sementara gagasan jus membuang racun tidak didukung oleh dukungan ilmiah,"  pelatih pribadi bersertifikat dan ahli gizi olahraga, Holly Roser.

Jika Anda ingin menambah asupan buah dan sayuran, dia menyarankan untuk konsumsi dalam bentuk utuh. 

4. Diet Telur Rebus

Penganut diet ini mengklaim bahwa Anda bisa menurunkan berat badan hingga 24 pon dalam dua minggu dengan makan telur rebus. 

Ilustrasi telur rebus. (Elements Envato)
Ilustrasi telur rebus. (Elements Envato)


"Ini adalah diet lain yang memotong banyak kelompok makanan dan membatasi pilihan makanan Anda," kata Conrad. 

Meskipun mengikuti diet ini sangat rendah karbohidrat dan tinggi protein, manfaatnya hanya untuk jangka pendek.

Berita Terkait

Berita Terkini