Info

Pola Makan Optimal Dapat Meningkatkan Peluang Hidup Menjadi Lebih Panjang

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengubah diet menjadi lebih sehat dapat memperpanjang umur hingga puluhan tahun.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi panjang umur (Unplash/rawpixel)
Ilustrasi panjang umur (Unplash/rawpixel)

Himedik.com - Sebagian besar orang ingin memiliki umur panjang dan salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga, tidak merokok, dan membatasi asupan alkohol.

Kini, sebuah studi baru menunjukkan bahwa mengubah diet, atau pola makan, menjadi lebih sehat dapat memperpanjang umur hingga enam atau tujuh tahun pada orang paruh baya.

Sementara pada orang usia dewasa muda, dampak baik dari perubahan diet sehat itu meningkat hingga 10 tahun, lapor The Conversation.

Maksud dari diet sehat atau optimal di sini adalah asupan makanan yang mencakup kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan lebih sedikit daging merah serta olahan.

"Makan makanan yang optimal dari usia 20 tahun akan meningkatkan harapan hidup lebih dari satu dekade (10 tahun) untuk wanita dan pria," tulis peneliti.

Takaran diet sehat atau optimal (PLOS One)
Takaran diet sehat atau optimal (PLOS One)

Sementara mengubah pola makan barat (sebagian besar berisi daging merah dan olahan) ke diet optimal di usia 60 tahun akan meningkatkan harapan hidup hingga 8 tahun, lanjut peneliti.

"Untuk usia 80 tahun, harapan hidup bisa meningkat hampir tiga setengah tahun," sambung mereka.

Namun, peneliti sadar bahwa tidak semua orang akan secara penuh mengubah pola makannya menjadi diet sehat.

Jadi, mereka tetap menghitung bagaimana jika seseorang berada di tengah-tengah antara pola makan optimal sengan pola makan khas barat.

Peneliti menemukan jenis diet tersebut masih bisa meningkatkan harapan hidup. Untuk usia 20 tahun, akan mendapat peningkatan hingga lebih dari 6 tahun untuk wanita dan lebih dari 7 tahun untuk pria.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa perubahan pola makan jangka panjang pada usia berapa pun berpotensi memberi manfaat besar untuk harapan hidup.

Berita Terkait

Berita Terkini