cancel
Kamis, 02 Februari 2023

Ingin Umur Panjang? Rutin Lakukan Olahraga Kekuatan Otot

Latihan kekuatan otot dalam penelitian ini adalah push up, squat, dan latihan resistance band.

Rosiana Chozanah
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Bench push up. (boldsky)
Bench push up. (boldsky)

Himedik.com - Melakukan olahraga kekuatan otot secara teratur disebut dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 10% hingga 20% lebih rendah akibat penyakit kronis serius, seperti kanker, penyakit jantung, serta diabetes.

Latihan kekuatan otot dalam penelitian ini adalah push up, squat, dan latihan resistance band.

Dalam penelitian yang terbit di British Journal of Sports Medicine ini, peneliti dari Universitas Tohoku, Universitas Kyushu, dan Universitas Waseda di Jepang menganalisis 16 studi yang terbit antara 2012 hingga 2020.

Dari data studi tersebut, mereka membandingkan kebiasaan olahraga dengan tingkat kematian akibat penyakit di atas.

Hasilnya menunjukkan peserta yang melakukan beberapa jenis latihan kekuatan otot selama 30 hingga 60 menit seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena sebab apa pun selama penelitian.

Ilustrasi olahraga push up. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga push up. (Shutterstock)

Mereka berisiko kecil terkena sejumlah penyakit lain, seperti penyakit jantung (17% lebih rendah), kanker (12% lebih rendah), dan diabetes (17% lebih rendah).

Melansir Insider, menggabungkan latihan kekuatan otot dengan beberapa jenis aktivitas kardio untuk meningkatkan detak jantung dikaitkan dengan lebih banyak pengurangan risiko penyakit.

Hasil ini didukung oleh penelitian sebelumnya, yang menunjukkan kedua jenis olahraga tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan umur panjang.

Peneliti juga menyarankan untuk tidak melakukannya selama berjam-jam. Hanya membutuhkan 30 hingga 60 menit yang dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Terkait

Terkini