Pria

Pengidap Kanker Prostat Hidup Lebih Lama dari Pria Sehat, Ada Syaratnya

Hal serupa juga berlaku untuk kanker payudara.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi pria - (Unsplash/Corey Watson)
Ilustrasi pria - (Unsplash/Corey Watson)

Himedik.com - Pria yang mengidap kanker prostat dilaporkan bisa hidup lebih lama daripada pria yang tak memiliki penyakit itu. Namun, ada syaratnya.

Mengutip The Sun, Kamis (24/1/2019), pasien dengan tumor kecil kemungkinan hidup lima tahun lebih lama dibandingkan dengan pria pada umumnya. Menurut Office for National Statistics, kelangsungan hidup untuk pria dengan kanker prostat stadium 1 naik 0,5 persen.

Bahkan mereka yang didiagnosis dengan tumor lebih besar yang belum menyebar, memiliki harapan yang lebih bagus daripada rata-rata pria. Para petugas medis menilai, itu mungkin terjadi karena pasien memeriksakan diri secara teratur dan menjadi lebih sadar kesehatan.

Disebutkan, syarat penderita kanker bisa hidup lebih lama daripada pria yang sehat-sehat saja yakni, keberadaan kanker telah diketahui sedini mungkin.

Tak hanya itu, pasien dengan kanker payudara yang menyadari kemunculan penyakitnya sejak awal juga bisa hidup lima tahun lebih lama daripada wanita yang tidak menderita penyakit itu.

"Ini adalah kabar baik, pria yang didiagnosis dengan kanker prostat pada tahap awal memiliki kelangsungan hidup yang tinggi," kata Sophia Lowes, dari Cancer Research UK.

"Mungkin saja karena mereka lebih sadar kesehatan dan lebih sering pergi ke dokter untuk menjalani tes," lanjutnya. 

Gejala kanker prostat yang bisa dideteksi antara lain masalah saat akan kencing, kesulitan mengosongkan kandung kemih, aliran lambat saat buang air kecil, kandung kemih terasa belum dikosongkan dengan benar, tetesan keluar setelah selesai buang air kecil, merasa perlu buang air kecil lagi, terutama di malam hari, dan mendadak sangat ingin kencing, bahkan terkadang mengompol sebelum sampai ke toilet.

Berita Terkait

Berita Terkini