Info

Kentut Susah Keluar? Coba Lima Gerakan Ini

Kentut sangat berbahaya jika tidak bisa keluar.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi sakit perut karena menahan kentut. (shutterstock)
Ilustrasi sakit perut karena menahan kentut. (shutterstock)

Himedik.com - Tubuh manusia diciptakan untuk melakukan berbagai adaptasi, misalnya jika perut mules maka secara otomatis akan mengeluarkan kentut. Dengan begitu perut kembali dalam kondisi semula, alis tidak sakit.

Nah, meski kentut ada kaitannya dengan kesehatan, akan tetapi banyak orang merasa gengsi jika kebablasan kentut di depan umum. Karena dianggap jorok atau kurang sopan.

Terlepas dari berbagai fakta tersebut, kentut sangat berbahaya jika susah keluar. Dampaknya perut kembung, sehingga mengganggu aktivitas yang sedang dijalankan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Himedik berhasil menemukan solusi yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Berikut penjelasannya. 

1. Child's pose

Child's pose. (pixabay)
Child's pose. (pixabay)

Child's pose merupakan salah satu pose dasar yoga yang sangat membantu mengeluarkan gas dalam perut dengan mudah. Di samping itu, child's pose juga membantu membuat bagian panggul dan punggung bawah yang lelah setelah duduk dalam waktu yang cukup lama.

Caranya duduk berlutut dengan santai, lalu dorong torso dan tangan ke depan sembari menyesuaikan dengan kenyamanan kaki. Sentuhkan dahi ke lantai dan bernapaslah dengan teratur. Tekanan pada perut akan merangsang gas untuk keluar.  

2. Seated forward fold

Seated forward fold. (freedoctorhelpline)
Seated forward fold. (freedoctorhelpline)

Pose seated forward fold memiliki manfaat lain untuk lebih membuka bagian tulang belakang yang biasanya kaku. Bila dilakukan secara rutin, gerakan ini juga dapat mengimprovisasi kelenturan tubuh.

Caranya duduklah dengan kedua kaki menjulur lurus dan menempel di lantai. Biarkan telapak kaki terbuka selebar bahu. Perlahan-lahan, julurkan tubuh bagian atas ke depan tanpa lutut menekuk.

Semakin jauh punggung dapat menekuk, semakin besar manfaat yang akan diperoleh. Paling tidak, kontraksi otot-otot di perut dapat membantu pengeluaran gas.Bila memungkinkan, rapatkan kedua kaki dan cobalah mencium lutut.

3. Knee to chest

Knee to chest. (footprintstofitness)
Knee to chest. (footprintstofitness)

Gerakan knee to chest juga bisa membantu mengaktifkan otot-otot perut tanpa terlalu menyiksa. Agar lebih nyaman, pastikan lebih dulu melakukan pemanasan di bagian leher dan punggung.

Mulanya berbaringlah dengan nyaman, lalu angkat dan tekuk kedua kaki hingga paha menyentuh dada. Perlahan-lahan, dengan kekuatan otot perut, angkat kepala, leher, dan punggung bagian atas sehingga tidak lagi menempel pada lantai.

Usahakan dahi dapat menempel dengan bagian lutut. Tahan posisi ini sekitar 15 detik sembari bernapas dengan normal.

4. Standing twist

Standing twist. (unsplash)
Standing twist. (unsplash)

Pose standing twist sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan usaha yang besar. Asal dilakukan dengan sungguh-sungguh, benefitnya bisa segara dirasakan.

Caranya berdirilah dengan tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Angkat kedua tangan sejajar dengan dada dan terbuka ke samping.

Bergantian, putar tubuh bagian atas ke kanan dengan kedua kaki tetap menempel dan mengarah lurus ke depan. Tahan selama beberapa detik, lalu lakukan hal serupa untuk bagian yang satunya.

5. Squat

Squat. (unsplash)
Squat. (unsplash)

Gerakan squat memiliki banyak manfaat, seperti mengancangkan otot paha dan pantat. Selain itu, gerakan ini juga lebih menantang untuk dilakukan. 

Ada banyak variasi squat yang bisa dilakukan, tetapi basic squat sudah cukup. Berdirilah dengan kedua kaki sedikit terbuka selebar bahu, lalu perlahan-lahan tekuk lutut dan turunkan tubuh bagian atas dan pantat hingga sejajar. Pastikan bahwa lutut tidak melebihi ujung jari kaki. Lakukan beberapa kali tanpa terburu-buru.

Itulah beberapa gerakan yang mudah dilakukan saat kesulitan mengeluarkan kentut. Sangat mudah, bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini