Info

Cara Menyimpan Stroberi Agar Bisa Bertahan Lama

Suka makan stroberi? Lihat cara penyimpanannya yuk.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Stroberi. (Unsplash)
Stroberi. (Unsplash)

Himedik.com - Stroberi yang disimpan dengan benar bisa memberikan manfaat maksimal saat dikonsumsi. Untuk itu, kamu jangan asal menyimpan buah ini.

Pasalnya stroberi merupakan jenis buah yang lembek dan akan cepat rusak jika tidak disimpan dengan benar.

Dilansir dari Truehealthreport, berikut tiga cara penyimpanan stroberi agar bisa bertahan lama.

1. Bersihkan stroberi

Cuci stroberi tepat sebelum kamu mengonsumsinya. Pasalnya stroberi masuk dalam golongan buah yang cepat lembek dan cepat rusak.

Jika kamu mencucinya terlebih dahulu lalu memasukan ke kulkas, stroberi akan mudah berjamur karena buah ini layaknya spons yang cepat menyerap air.

2. Jangan memotong batang stroberi

Batang stroberi ini bisa membantu memperpanjang umur penyimpanan stroberi. Usahakan jangan memotong batang ini sebelum kamu mengonsumsinya.

3. Buang stroberi yang rusak

Segera buang stroberi yang rusak. Jamur pada stroberi bisa menyebar dengan cepat sehingga akan lebih baik jika langsung membuangnya.

Stroberi/pexels
Stroberi. (pexels)

Sementara itu, stroberi yang dikonsumsi dalam keadaan baik memiliki beberapa manfaat. Dilansir dari Boldsky, HiMedik menemukan sejumlah manfaat stroberi, antara lain sebagai berikut.

1. Awet muda

Stroberi mengandung vitamin C yang mampu menghasilkan kolagen. Kolagen berhubungan dengan elastisitas kulit atau dengan kata lain, konsumsi makanan mengandung kolagen mampu membuat awet muda.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam stroberi mampu menambah kekebalan tubuh. Itu berarti penyakit akan lebih sulit untuk menginfeksi tubuhmu.

3. Risiko penyakit jantung berkurang

Stroberi mengandung antioksidan yang dapat mencegah pembentukan kolesterol jahat. Kolesterol jahat dapat menyempitkan pembuluh darah yang berdampak pada jantung.

4. Mengurangi berat badan

Kamu yang sedang dalam program diet, cocok mengonsumsi buah ini. Serat yang terkandung di dalamnya mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Vitamin C di dalamnya juga mempercepat pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Melawan kanker

Asam ellagic dalam stroberi mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terkandung juga memiliki fungsi yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini