Info

Trik Tetap Bugar di Usia 40 Tahunan ala Dokter

Kurangi kebiasaan buruk dan makan makanan sehat.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bugar. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi bugar. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Seiring berjalannya waktu kita akan mulai menua dan renta. Tubuh pun memerlukan lebih banyak nutrisi daripada biasanya.

Supaya tetap bugar dan fit di usia 40 tahunan, berikut beberapa trik dari seorang dokter penyakit dalam, Arefa Cassoobhoy, MD, MPH, yang bisa kamu terapkan.

Tetap menjalankan rutinitas

Menurutnya, berpegang pada rutinitas atau aktivitas sehari-hari memainkan peran penting dalam menjaga berat badan tetap normal. Termasuk sarapan dengan bubur gandum yang ditaburi kenari, kismis, almond, dan kayu manis tanpa mengabaikan perhitungan jumlah kalori.

Kurangi kebiasaan buruk

Dokter Arefa adalah seorang peminum kopi dengan tambahan krimer di dalamnya. Namun karena krimer mengandung lemak trans yang tak baik untuk kesehatan, perlahan ia mengurangi krimer dan sekarang beralih ke kopi hitam.

Bahkan, secara perlahan ia berencana untuk mengurangi kopi supaya tidak terlalu bergantung pada kafein. Nah, jika kamu memiliki kebiasaan buruk apapun itu, sebaiknya segera kurangi dan beralihkan ke makanan atau minuman sehat.

Ilustrasi ampas kopi. (pexels)
Ilustrasi kopi hitam. (pexels)

Membawa bekal sendiri

Jika di usia 40 tahunan, kamu masih tetap bekerja maka sebaiknya masak sendiri makan siangmu. Pilihlah menu makan siang yang menyehatkan seperti salad sayur, hidangan kacang, dan lain sebagainya.

Variasikan makan malam

Setiap minggu cobalah untuk menyantap makanan sumber protein yang berbeda, seperti daging unggas, daging merah, makanan laut, atau hidangan kacang. Sedangkan karbohidrat bisa dari masi, roti, pasta tinggi serat, kentang, atau jagung.

Ilustrasi menumis daging. (pixabay/agamaszota)
Ilustrasi daging merah. (pixabay/agamaszota)

Pikirkan mengenai diet mediterania

Diet ini menekankan pada konsumsi lemak baik yang sebagian besar diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran. Tak ada salahnya mencoba karena dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine tahun 2013, diet mediterania terbukti membuat jantung lebih sehat.

Jangan terlalu sering makan di luar

Mulailah perbuahan kecil untuk sesuatu yang besar. Mulailah untuk menunda makan di restoran untuk acara-acara tertentu. Selain mungkin kurang sehat, hal itu juga akan mengurangi waktumu bersama keluarga di rumah.

Itulah tips tetap bugar di usia lanjut. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini