Anak

Anak Mimisan? Jangan Salah Ambil Tindakan, Segera Lakukan Ini

Saat anak mimisan, kadang orangtua salah mengambil tindakan. Begini cara yang benar.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Anak mimisan/Brunet
Anak mimisan/Brunet

Himedik.com - Situasi saat seseorang mengalami mimisan bisa jadi membuat kamu panik apalagi jika saat itu orang tersebut sedang bersamamu. Kondisi ini kadang membuatmu mengambil cara salah yang bisa jadi malah makin parah.

Mimisan sering terjadi pada anak namun tak jarang orang dewasa juga mengalami hal ini. Kalau anak mengalami mimisan, kamu diharapkan jangan panik.

Mimisan disebut juga epistaks. Meskipun mimisan mungkin menakutkan, biasanya mereka hanya mengalami gangguan ringan dan tidak berbahaya. Lapisan hidung mengandung banyak pembuluh darah kecil. Pembuluh ini terletak di dekat permukaan dan mudah mengalami kerusakan.

Ada dua penyebab umum dari mimisan yakni udara kering dan  mengupil.  Saat membran hidung mengering, mereka lebih rentan terhadap pendarahan dan infeksi.

Kali ini HiMedik sudah menyiapkan langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika anak mengalami mimisan, dilansir mayoclinic.org.

1. Duduk tegak dan condongkan badan ke depan

Duduk dengan posisi tegak bisa mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung. Hal ini menghambat pendarahan lebih lanjut. Duduk ke depan akan membantu anak terhindar dari menelan darah yang bisa mengiritasi perut.

2. Perlahan gerakkan hidung untuk membersihkan darah. Kamu bisa menyemprotkan dekongestan di hidung

Anak mimisan/Ear Nose Throat Specialist Sydney • ENT Clinic
Anak mimisan/Ear Nose Throat Specialist Sydney • ENT Clinic

3. Tutup hidung

Gunakan jempol dan telunjuk untuk menjepit kedua lubang hidung, meski hanya satu sisi yang berdarah.

4. Bernafaslah melalui mulut

Terus tutup hidung anak 5 sampai 10 menit. Ini memberi tekanan pada titik perdarahan pada septum hidung dan sering menghentikan aliran darah.

5. Ulangi tindakan di atas

Jika pendarahan tak berhenti, ulangi langkah ini hingga mencapai 15 menit. Setelah pendarahan berhenti dan untuk mencegahnya muncul lagi, jangan meniup hidung atau membungkuk. Jaga kepala anak agar terus lebih tinggi.

Semoga beberapa tindakan yang harus kamu lakukan saat anak mimisan ini bisa membantu ya.

Berita Terkait

Berita Terkini