Info

Badan Terasa Lelah Setelah Operasi? Ini Penyebabnya

Selama operasi, baik energi maupun darah dalam tubuh akan terkuras sehingga menyebabkan tubuh terasa lelah dan lemas.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi (prweb)
Ilustrasi (prweb)

Himedik.com - Kelelahan dan badan terasa lemas setelah operasi merupakan hal yang wajar. Rasa lelah akan berkurang seiring berjalannya proses pemulihan.

Proses pemulihan sangat dibutuhkan tubuh sebelum kembali beraktivitas. Ketika proses pemulihan, tubuh harus dipenuhi asupan makan bergizi, tidur yang cukup, minum obat secara teratur, dan tidak banyak bergerak.

Lantas, apa penyebab kelelahan setelah operasi?

1. Efek obat bius

Obat bius yang menyebabkan seseorang tidak sadar atau anestesi memiliki efek membuat tubuh terasa lemas. Biasanya, efek obat bius pada seseorang yang muda dan sehat akan lebih cepat memudar dibandingkan orang yang lebih tua dan kurang sehat.

2. Anemia

Anemia adalah kondisi kurangnya sel darah merah yang masih sehat. Selama operasi, tubuh mengalami pendarahan yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah yang ada di dalam sirkulasi tubuh.

Maka dari itu, setelah operasi tubuh akan terasa lelah karena kehilangan banyak darah.

3. Kurang tidur

Ilustrasi operasi (shutterstock)
Ilustrasi operasi (shutterstock)

Kurang tidur sebelum operasi juga menjadi salah satu penyebab kelelahan. Rasa cemas dan takut sebelum operasi membuat beberapa orang sulit tidur dan cenderung memikirkan operasi yang akan dijalaninya.

4. Kekurangan zat gizi

Umumnya, pasien yang akan melakukan operasi disarankan berpuasa untuk mencegah masalah yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Bahkan, seringkali puasa diperpanjang selama beberapa saat setelah operasi.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang kelelahan karena tidak ada asupan makanan bergizi yang masuk ke dalam tubuh.

5. Efek obat

Selama persiapan operasi hingga setelah operasi pasien diberikan obat yang memiliki efek samping badan lemas.

Salah satu obat yang diberikan yaitu benzodiazepin (loraezpam) yang biasa digunakan untuk mengurangi kejang otot dan juga insomnia. Obat ini membuat pasien mengantuk dan merasa lelah sehingga ingin tidur terus.

Dalam hitungan hari, rasa lelah dan lemas setelah operasi akan memudar. Namun, kamu juga harus waspada jika rasa lelah tak kunjung hilang tapi justru semakin parah.

Berita Terkait

Berita Terkini