Info

Tiga Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit baik untuk pencernaan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kunyit. (pixabay/stevepb)
Kunyit. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk bumbu masakan, kunyit juga kerap dimanfaatkan untuk dibuat ramuan herbal.

Bahkan menurut sebuah penelitian, rutin minum air kunyit dapat meredakan peradangan pada sistem pencernaan. Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Systematic Reviews memaparkan bahwa orang yang makan masakan berbumbu satu sendok kunyit, terbukti memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat.

Tentunya kedua penelitian di atas menjadi bukti kuat bahwa kunyit membawa dampak baik bagi kesehatan pencernaan. Nah, selain fakta di atas berikut ada tiga keuntungan jika kamu rutin minum air kunyit.

Kunyit. (pixabay/ibokel)
Kunyit. (pixabay/ibokel)

1. Kunyit mengandung lipopolisakarida yang berperan dalam meningkatkan sistem imun, sehingga risiko terkena flu atau infeksi lainnya bisa berkurang nih. Apalagi sudah masuk musim hujan, cocok banget buat diminum selagi dingin-dinginnya.

2. Tak hanya sistem imun, minum air kunyit juga akan meningkatkan fungsi hati lho. Jadi, jangan lewatkan minum kunyit ya.

3. Begitu pula dengan aliran cairan empedu yang akan meningkat jika kamu rutin minum air kunyit. Ini penting lho karena di dalam tubuh empedu membantu memecah lemak dan mencerna makanan.

Itulah manfaat kunyit untuk kesehatan. Mau coba rutin minum kunyit nggak nih?

Berita Terkait

Berita Terkini