Info

Tantang Dirimu Setop Konsumsi Gula dan Rasakan 5 Manfaat Ini

Beranikan dirimu untuk ambil challenge ini yuk

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi mengonsumsi gula. (pixabay/bridgesward)
Ilustrasi mengonsumsi gula. (pixabay/bridgesward)

Himedik.com - Gula sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Hampir setiap hari, gula ada dalam menu harian kita, misalnya teh, kopi, cemilan atau hanya sebatas permen.

Menurut American Heart Association, wanita disarankan mengonsumsi gula enam sendok teh atau kurang per hari. Ini sebanding dengan 25 gram atau 100 kalori.

Jika melebihi batas, gula akan menumpuk dalam tubuh yang bisa meningkatkan sejumlah penyakit, mulai dari sakit kepala hingga obesitas.

Untuk itu, coba tantang dirimu untuk berhenti konsumsi gula. Mulailah pelan-pelan karena bagi sebagian orang hal ini tentu tidak mudah.

Dilansir dari prevention, jika kamu bisa melewati tantangan untuk berhenti konsumsi gula satu bulan, maka kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat berikut ini.

1. Jerawat berkurang

Salah satu alasan munculnya jerawat adalah karena konsumsi gula berlebihan. Studi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan seseorang yang minum soda berukuran 12 ons sehari selama tiga minggu mengalami peningkatan peradangan sebesar 87 persen.

Ilustrasi jerawat di pipi (iStock)
Ilustrasi jerawat di pipi (iStock)

2. Terhindar dari diabetes

Menurut Robert Lustig, MD, penulis Fat Chance: Beating the Odds Against Sugar, Processed Food, Obesity, and Disease, kelebihan gula bisa menyebabkan penumpukan lemak di sekitar hati. Selain itu, juga menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Hati akan lebih sehat

James J DiNicolantonio, PharmD, seorang ilmuwan peneliti kardiovaskular di St Luke Mid-Atlantic Heart Institute di Kansas City, Missouri mengungkapkan risiko kematian akan menurun tiga kali lipat jika mengurangi konsumsi gula.

Ilustrasi lupa. (unsplash)
Ilustrasi lupa. (unsplash)

4. Tidak cepat lupa

Kamu sering lupa? Mungkin gula menjadi penyebabnya. Sebuah studi di UCLA menjelaskan bahwa kemampuan mengingat akan berkurang jika mengonsumsi gula berlebihan.

5. Berat badan lebih cepat turun

Berat badan akan berkurang jika kamu mengurangi konsumsi gula sebanyak 200 kalori. Kamu bisa kehilangan 4,5 kg dalam waktu lima hingga enam bulan.

Yuk, kurangi konsumsi gula dari sekarang!

Berita Terkait

Berita Terkini