Info

3 Camilan Sehat yang Bantu Kontrol Gula Darah, Mau Coba?

Ada waffle, kudapan tomat, dan kacang pistachio.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ngemil. (pixabay)
Ilustrasi ngemil. (pixabay)

Himedik.com - Jika kamu menderita diabetes tipe 2, maka penting untuk menjaga gula darah tetap stabil. Pasalnya rasa lapar dapat membuat penurunan hingga lonjakan gula darah.

 Penderita diabetes pun tak boleh sembarangan menyantap makanan. Terkadang kamu harus ngemil supaya gula darah tetap normal.

Berikut saran dari Erin Palinski-Wade, RD, CDE, seorang pakar nutrisi dan diabetes, tentang camilan sehat apa saja yang bisa bantu kontrol gula darah.

1. Waffle

Bukan sembarang waffle, melainkan yang terbuat dari gandum utuh. Erin menyarankan waffle gandum dengan topping yoghurt tawar tanpa lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat, ditaburi bubuk kayu manis yang semuanya dibalut sebanyak 150 kalori.

Waffle. (pixabay/foundry)
Waffle. (pixabay/foundry)

2. Kacang pistachio

Pistachio kaya protein dan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol serta menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan sekitar 1,5 0z pistachio sehari dan mengalami tekanan mental, memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan pistachio.

Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)
Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)

3. Kudapan tomat

Erin mengatakan bahwa tomat dan mozarella adalah kombinasi yang baik. Namun, pastikan untuk memilih mozarella yang bebas lemak.

Beri sedikit rasa dengan menambahkan minyak zaitun atau cuka balsamic, serta sedikit garam dan merica. Tak perlu khawatir, kudapan sehat ini hanya memiliki 180 kalori.

Selain menyehatkan, 3 camilan di atas sangat mudah dibuat dan nggak ribet kan kalau dibuat bekal? Selamat mencoba.

Berita Terkait

Berita Terkini