Info

Setop, 6 Kebiasaan Makan Ini Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Selama pandemi corona Covid-19 berlangsung, kesehatan dan kekebalan tubuh menjadi hal yang diperlukan agar tetap prima.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi makan. (Shutterstock)
Ilustrasi makan. (Shutterstock)

2. Gula Berlebih

Mengurangi kelebihan gula bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk soal kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa setelah puasa semalam, manusia yang diberi 100 gram gula mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Efek terbesar ditemukan antara satu dan dua jam kemudian namun penurunan kekebalan akan bertahan hingga lima jam.

The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan yang terkandung dalam makanan. Lembaga tersebut menyatatakn, bahwa konsumi gula sebaiknya tidak lebih dari enam sendok teh per hari untuk wanita dan sembilan untuk pria.

Satu sendok teh sama dengan empat gram gula tambahan, sehingga 24 dan 36 gram gula tambahan masing-masing untuk wanita dan pria setiap hari.

Jika saat stres Anda selalu ingin makanan bergula, maka cobalah pereda stres lain. "Anda bisa menjangkau orang-orang terkasih, berlatih meditasi, melakukan latihan dalam ruangan, atau bahkan bermain video game," tulis Chyntia.

Ilustrasi kue red velvet. (Unsplash/Heather M)
Ilustrasi kue red velvet. (Unsplash/Heather M)

3. Kafein Berlebih

Kopi dan teh bersifat melindungi kesehatan, karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan anti-peradangan. Namun, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur yang akan meningkatkan peradangan dan mengganggu kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan minum kopi 6 jam sebelum jam tidur agar tidak mengganggu kekebalan tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini