Info

Perusahaan Jepang Kembangkan Cat Anti Virus untuk Rumah Sakit

Perusahaan Nippon Paint dari Jepang mengambangkan lapisan cat anti-virus untuk melindungi tim medis di Rumah sakit.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi masker N95 (Pixabay/rottonara)
Ilustrasi masker N95 (Pixabay/rottonara)

Himedik.com - Perusahaan Nippon Paint Jepang telah mengembangkan lapisan cat yang dirancang untuk digunakan di rumah sakit yang klaimnya dapat mengusir virus corona dari permukaan.

Melansir dari South China Morning Post (SCMP),  Antivirus Kids Paint Nippon Paint bertujuan untuk melindungi pekerja garis depan dan telah dikembangkan bersama perusahaan teknologi Amerika Serikat.

Lapisan tersebut telah diuji oleh Laboratorium Microchem yang berbasis di Texas dan dapat membuat hampir tidak aktif 100 persen Feline Calicivirus, infeksi saluran pernapasan atas pada kucing.

Badan Perlindungan Lingkungan AS telah menyetujui Feline Calicivirus sebagai pengganti yang cocok untuk mendeteksi norovirus manusia.

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersiap menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan asrama Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Bethel di kawasan Petamburan, Jakarta, Jumat (17/4).  [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI), sebagai ilustrasi petugas medis. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Kami percaya cat yang dibuat dapat menawarkan lapisan perlindungan tambahan dengan mengurangi risiko infeksi dari virus pada permukaan rumah sakit dan pusat medis yang dicat," kata Dr. Joydeep Lahiri, wakil presiden divisi dan direktur program di Corning.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona mungkin tetap berada di permukaan hingga beberapa hari. Orang-orang dapat tertular virus dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.

"Kami berharap ini akan memberikan dukungan profesional kesehatan tenaga medis yang berharga, karena mereka memerangi virus," kata Eric Chung, presiden Nippon Paint.

Awalnya cat hanya dikembangkan untuk rumah sakit dan lingkungan perawatan kesehatan. Namun, pihak perusahaan juga menyalurkan cat untuk dapat digunakan pada permukaan di kapal pesiar, feri berpenumpang dan kapal komersial lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini