Info

Paper Towel untuk Mengeringkan Tangan, Lebih Efektif Menghilangkan Virus

Peneliti menyelidiki apakah ada perbedaan dalam tingkat penularan virus usai menggunakan paper towel atau jet dryer.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi papaer towel. (Unsplash/Wilhelm Gunkel)
Ilustrasi papaer towel. (Unsplash/Wilhelm Gunkel)

Untuk yang terakhir, relawan diminta untuk menyilangkan tangan mereka di dada mereka saat menggunakan celemek, sebelum bersandar pada lengan kursi.

Tim menemukan bahwa metode JAD dan PT secara statistik signifikan mengurangi kontaminasi virus pada tangan. Untuk 10 dari 11 permukaan, kontaminasi lingkungan yang secara signifikan lebih besar terdeteksi setelah penggunaan JAD dibandingkan PT.

Semua permukaan sampel setelah penggunaan JAD menunjukkan kontaminasi fag, dibandingkan dengan hanya enam permukaan setelah penggunaan PT.

Kontaminasi permukaan rata-rata setelah kontak tangan lebih dari 10 kali lebih tinggi setelah penggunaan JAD versus PT. Penyebaran virus ke celemek/pakaian adalah 5 kali lipat lebih tinggi dengan JAD dibandingkan dengan PT.

Sedang transfer fag dari apron ke kursi melalui lengan silang terdeteksi hanya setelah penggunaan JAD.

Ilustrasi papaer towel. (Unsplash/Visuals)
Ilustrasi papaer towel. (Unsplash/Visuals)

Para penulis menyimpulkan ada perbedaan yang jelas, menurut metode pengeringan tangan, dalam kontaminasi mikroba residual pada tangan dan tubuh subjek.

Yang terpenting, perbedaan kontaminasi ini diterjemahkan ke dalam tingkat kontaminasi mikroba yang jauh lebih besar setelah pengeringan udara jet dibandingkan penggunaan handuk kertas. dari tangan dan tubuh di luar toilet / kamar mandi.

Karena toilet umum digunakan oleh pasien, pengunjung dan staf, metode pengeringan tangan yang dipilih memiliki potensi untuk meningkatkan (menggunakan pengering jet) atau mengurangi (menggunakan handuk kertas) transmisi patogen dalam pengaturan rumah sakit. "

Mereka menyimpulkan bahwa hasil tersebut relevan dengan pengendalian virus corona baru yang menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

"Handuk kertas harus menjadi cara yang lebih disukai untuk mengeringkan tangan setelah dicuci dan dengan demikian mengurangi risiko kontaminasi dan penyebaran virus," ujar peneliti.

Berita Terkait

Berita Terkini